BRI Liga 1 Mungkin Batal Digelar 6 Seri, PT LIB Mau 5 Seri Saja

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 01 Nov 2021 20:50 WIB
Akhmad Hadian Lukita
Liga 1 2021 bisa digelar 5 seri. (Foto: detikcom/Muhammad Robbani)
Jakarta -

BRI Liga 1 2021 berpotensi batal digelar dengan 6 Seri. PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana kompetisi hanya akan berlangsung dengan 5 Seri saja.

Rencana awalnya kompetisi akan digelar dengan format 6 Seri di tiga klaster. Ada klaster Banten-DKI-Jawa Barat, Klaster Jawa Tengah-DIY Yogyakarta, dan Klaster Jawa Timur.

Pemerintah juga sempat cuma mengizinkan maksimal 9 pertandingan dalam sepekan. Kini jadwal kompetisi pun akan dipadatkan demi mengejar selesai tepat waktu pada Maret 2022.

Sejak pekan ke-5, Liga 1 sudah digulirkan dengan menggulirkan lebih dari 1 matchweek. Hal itu tak terlepas izin pemerintah terkait menurunnya angka penyebaran COVID-19 di Indonesia.

"Ini ada wacana kami akan memakai lima seri saja. Jadi ada beberapa yang dipadatkan dan ini masih di utak-atik (jadwal) juga, tetapi belum keluar hasilnya," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

"Pertimbangannya, kompetisi sudah harus selesai bulan Maret (2022) karena April kan sudah bulan puasa. Untuk jadwalnya kan sekarang juga sudah terlihat kan," ujarnya.

"Jadi sekarang ada satu minggu dua kali (match week), di tengah-tengah itu, ada yang main Jumat, Sabtu dan bisa Senin. Jadi Kamis baru main dan ketemu (main lagi) Senin," katanya lagi.

Memadatkan jadwal terpaksa dipilih demi target menyelesaikan kompetisi tepat waktu. Sementara waktu tersisa sangat sedikit mengingat kick off kompetisi tertunda beberapa kali hingga akhirnya baru bisa digelar pada 27 Agustus lalu.

Jadwal padat Liga 1 2021 membuat klub kini sibuk bermain tanpa waktu istirahat cukup. Pelatih Barito Putera Djadjang Nurdjaman hingga pelatih Persela Lamongan Iwan Setiawan sudah mengeluhi situasi ini.

"Kami itu memang memadatkan waktu karena juga ada FIFA match day. Jadi harus di otak-atik juga sama PSSI. Kalau untuk FIFA matchday kan memang kompetisi harus berhenti," tutur Lukita.

"Tapi kalau AFF kan bukan bukan FIFA. Jadi kami akan mulai Seri 3 itu akan mulai pada 18 November lagi. Seri kedua sampai 6 November," ucapnya.



Simak Video "Barcelona Tersingkir dari Copa del Rey"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)