Liga 1 Siap Gelar Uji Coba Laga dengan Penonton di Stadion

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 13 Nov 2021 20:30 WIB
PSIS terhambat lajunya ke papan atas setelah takluk 0-1 dari Borneo FC. Berikut foto-foto pertandingannya!
Liga 1 Siap Gelar Uji Coba Laga dengan Penonton di Stadion (Foto: PIUS ERLANGGA/detikSport)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan semua klub akan kebagian uji coba kehadiran penonton di BRI Liga 1 2021. Kini operator masih dalam pematangan konsep.

Pemerintah melalui Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar baru saja bicara peluang kehadiran penonton lagi untuk event-event besar, termasuk sepakbola. Pandemi COVID-19 yang sudah mereda di Indonesia menjadi sebab utama pemerintah mulai menerapkan relaksasi.

Hanya saja, PSSI maupun PT LIB tak mau memaksakan kehadiran penonton langsung diterapkan. Perlu kajian matang agar kehadiran penonton tak menimbulkan klaster COVID-19.

Dalam rancangan terkini, cuma penonton undangan saja yang bisa datang ke stadion. Selain itu, pertandingan juga cuma akan digelar di stadion-stadion di Pulau Jawa yang sudah sesuai standar FIFA.

Ada anggapan rencana ini tak adil karena menguntungkan klub Pulau Jawa. Padahal pemilihan penonton undangan sifatnya bisa random, yakni mengundang ke kelompok suporter tertentu atau bisa juga mengundang perwakilan saja.

Sementara sistem Seri masih akan berlaku sampai akhir musim. Dengan begitu, tetap tak ada tim yang akan bertindak sebagai tuan rumah musim ini.

Meski begitu, PT LIB memastikan bahwa setiap klub akan kebagian jatah bermain pada laga dengan uji coba kehadiran penonton. Jadi bukan cuma klub Pulau Jawa saja yang akan menikmati atmosfer pertandingan dengan kehadiran penonton.

"Kan adil tak adil itu bisa dilihat dari sisi mana saja. Kalau pertandingannya home and away memang jadi masalah. Kok yang di Aceh nggak diundang? Begitu kan isalnya. Karena mereka penontonnya (fans Persiraja) tidak di sini (di Pulau Jawa)," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

"Tapi ini kan penyelenggaranya LIB, jadi kami akan mengundang perwakilan (penonton) misalnya Persiraja fans yang ada di Solo, kan kita juga nggak mau membebani mereka. Kalau mengundang orang dari Aceh, harus datang naik pesawat, bagaimana itu? Jadi kami akan mengambil cabang-cabang yang ada di Jawa Tengah. Boleh pakai atribut juga," ujarnya.

Kabarnya PT LIB sudah akan menggelar uji coba kehadiran penonton pada Seri 3 BRI Liga 1. Sementara itu, ada beberapa big match pada Seri 3 yang akan digelar mulai 18 November, misalnya Persib Bandung Vs Persija Jakarta.

PT LIB juga tak menutup kemungkinan laga Persib Vs Persija juga kebagian kehadiran penonton. Tapi penonton yang hadir bisa saja bukan 'suporter betulan'.

"Prinsipnya sih sebetulnya kan karena memang belum ada penonton betulan, kan. Dalam arti (suporter) betulan itu membeli tiket. Artinya suporter yang kami undang itu akan kami seleksi," tutur Lukita menanggapi potensi kehadiran penonton pada laga big match antar-klub sarat rivalitas.

(aff/adp)