BRI Liga 1 Mau Dihadiri Penonton di Stadion? Ini Kata Menpora

Dony Indra Ramadhan - Sepakbola
Selasa, 16 Nov 2021 13:45 WIB
Pertandingan lanjutan pekan ke-11 BRI Liga 1, Persipura Jayapura melawan Bali United di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Jumat (5/11). Pertandingan berakhir imbang.
Ilustrasi BRI Liga 1 (Foto: PIUS ERLANGGA/detikSport)
Bandung -

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bicara soal kemungkinan penonton hadir di stadion pada ajang BRI Liga 1. Yang penting, harus uji coba dulu!

"Jadi PSSI dan PT LIB sedang menggodok. Tetapi saya mendapatkan informasi dari PSSI dan PT LIB bahwa itu akan diujicoba di stadion yang ada single seat," ujar Amali saat menghadiri sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Bandung, Selasa (16/11/2021).

Menurut Amali, dengan kondisi stadion yang single seat itu, penerapan protokol kesehatan di stadion bisa terjaga. Sehingga, nantinya penonton akan diberi jarak saat menyaksikan pertandingan.

"Itu kan penonton terbatas tiketnya dijual sesuai nomor kursi. (Kalau) bangku rata bagaimana penomoran pasti akan berdempetan dan tanda silangnya gimana," tutur Amali.

Menpora Zainudin AmaliMenpora Zainudin Amali (tengah) (Dony Indra Ramadhan/detikSport)

Menpora Zainudin Amali mengatakan di Indonesia sudah ada beberapa stadion yang memiliki tipe single seat di antaranya Si Jalak Harupat di Bandung, Pakansari Bogor dan Manahan Solo.

"Belum semua, harus uji coba di stadion single seat," katanya.

Untuk pelaksanaannya, sambung Amali, dari informasi yang didapat kemungkinan akan dilakukan pada seri ketiga Liga 1 2021. Namun, pihaknya meminta agar masyarakat menunggu pengumuman resmi dari PSSI dan PT LIB.

"Jadi tunggu saja untuk seri ketiga ada pengumuman," kata dia.

(aff/ran)