Pemain Persipura Todd Rivaldo Ferre Dihukum 1 Tahun oleh Komdis PSSI

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 24 Nov 2021 15:22 WIB
Todd Rivaldo Ferre menggiring bola melewati hadangan para pemain lawan saat Persipura Jayapura menghadapi Bali United.
Todd Rivaldo Ferre dihukum setahun tak bisa bermain di sepakbola. (Foto: Suparno/Detik.com)
Jakarta -

Pemain Persipura Jayapura Todd Rivaldo Ferre kena sanksi larangan bermain selama 12 bulan. Komdis PSSI menjatuhkan hukuman ini karena tingkah laku buruk pemain.

Todd tidak bermain saat Persipura jumpa Tira Persikabo pada pekan ke-13 BRI Liga 1 2021, Senin (22/11/2021). Usut punya usut ternyata pemain bernomor punggung itu baru saja kena sanksi dari Komdis PSSI.

Sanksi yang didapat Todd diketahui dari keterangan yang tertera di laman PT LIB. Todd absen pada laga itu karena kena sanksi larangan bermain selama 12 bulan.

"Betul, hukuman satu tahun untuk Todd Ferre berasal dari Komdis yang membuat keputusan," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan saat dikonfirmasi soal hukuman untuk Todd.

"PT LIB hanya menjalankan administrasi hasil sidang Komdis yang sudah menjadi keputusan," ujarnya menjelaskan.

Sebelum absen pada laga kontra Persikabo, Todd ternyata sudah menepi sejak pekan ke-12 Liga 1. Tak ada nama Todd pada laga kontra Borneo FC.

Sanksi untuk pemain mungil ini tertuang dalam daftar pelanggaran nomor 026/L1/SK/KD-PSSI/XI/2021 akibat tingkah laku buruk terhadap perangkat pertandingan ketika melawan Bali United dalam pekan ke-11 pada 5 November 2021.

Eks pilar Timnas Indonesia U-19 itu mendapat kartu merah pada laga melawan Bali United saat pertandingan memasuki injury time. Protes dilancarkan Todd setelah wasit mengesahkan gol Ricky Fajrin yang terjadi pada menit ke-90+7 meski waktu tambahan cuma 4 menit.

Tak ada tayangan yang menunjukkan protes Todd. Tak diketahui pula protes seperti apa yang dilancarkan Todd sehingga Komdis PSSI sampai memberikan sanksi seberat ini.

Meski begitu, Komdis PSSI sampai saat ini sebetulnya belum pernah mengumumkan keputusan terbaru. Hukuman berat yang didapat Todd pun baru muncul di laman PT LIB.

Biasanya, Komdis PSSI rutin menggelar konferensi pers setiap pekan untuk menjabarkan berbagai pelanggaran kode disiplin yang terjadi di sepakbola nasional.

(cas/krs)