ADVERTISEMENT

Dua Wasit Gawang Akan Mulai Hadir di Seri 4 Liga 1 2021

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 25 Nov 2021 18:20 WIB
Arema FC mampu menumbangkan Persik Kediri dalam laga Liga 1 2021. Singo Edan mengatasi perlawanan sengit Macan Putih 3-2.
Seri keempat Liga 1 akan menggunakan wasit gawang. (Foto: detikcom/Pius Erlangga)
Jakarta -

PSSI akan menugaskan asisten wasit belakang gawang tak lama setelah niatan yang diutarakan Komite Wasit. Wasit tambahan akan hadir di Seri 4 BRI Liga 1 2021.

Wasit kelima dan keenam akan berada di masing-masing garis gawang. Saat ini PSSI masih dalam tahap bersurat dan menunggu approval dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

Normalnya, hanya ada empat wasit dalam pertandingan yakni 1 wasit tengah, 2 asisten wasit (hakim garis), dan 1 orang wasit cadangan. Adapun wasit kelima dan keenam yang berdiri di garis gawang pernah dan masih digunakan kompetisi-turnamen sepakbola dunia.

Dua wasit tambahan ini juga pernah terlihat di Liga Champions sebelum hadirnya teknologi VAR (video assistant referee). PSSI mau menghadirkan wasit tambahan ini sebelum menghadirkan VAR ke Liga 1.

"Jadi dengan asisten wasit tambahan ini dan mengontrak direktur teknik wasit, kesalahan-kesalahan wasit yang selama ini kita lihat, bisa diminimalisir dan dievaluasi. PSSI ingin ke depan ada perubahan yang signifikan terhadap sepakbola Indonesia," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam rilis federasi.

Sebelumnya, Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh sudah pernah mengutarakan niatan menghadirkan wasit tambahan. Hal ini tak terlepas dari berbagai kontroversi keputusan wasit yang terjadi di kompetisi sepakbola dalam negeri.

kontroversi tendangan pemain Persib Bandung Marc Klok ke gawang Persija pada BRI Liga 1 2021. Sepintas dalam tayangan ulangan tendangan Klok sudah masuk ke gawang sebelum didorong keluar oleh kiper Persija Andritany Ardhiyasa.

Adapun kejadian itu sudah menjadi yang ketiga dalam pertemuan Persib dan Persija. Sebelumnya Ezechiel Ezechiel N'Douassel dan Marko Simic juga pernah mengalami peristiwa serupa.

"Kalau saya lebih mengusulkan buat tahun depan, untuk ditambah dua wasit, di masing-masing belakang gawang ada wasit lagi," kata Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh kepada detikSport.

"Ini masih menunggu approve FIFA yang akan dibahas di dalam kongres. Sementara ini kami juga masih menunggu VAR," ujarnya menambahkan.



Simak Video "Diajak Ngopi Iwan Bule, Bintang Emon: Kaget Tapi Lets Go!"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT