ADVERTISEMENT

Rival Watch Piala AFF: Vietnam Kandidat Juara, Segrup Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 01 Des 2021 20:34 WIB
HANOI, VIETNAM - NOVEMBER 11: Vietnams soccer team reach after the FIFA World Cup Asian Qualifier final round Group B match between Vietnam and Japan at My Dinh National stadium on November 11, 2021 in Hanoi, Vietnam. (Photo by Minh Hoang/Getty Images)
Foto: Getty Images/Minh Hoang
Jakarta -

Mayoritas skuad Vietnam yang tampil perkasa pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 dipertahankan untuk ajang Piala AFF 2020. Vietnam juga masuk jajaran kandidat juara.

Piala AFF tetap menjadi ajang bergengsi bagi Vietnam, yang dalam beberapa tahun terakhir cukup unjuk gigi di level Asia; mulai dari melaju ke final Piala Asia U-23 2018 dan semifinalis Asian Games 2018.

Di bawah asuhan Park Hang-seo, Vietnam memang menjelma menjadi kekuatan yang kini menakutkan di Asia Tenggara. Pamor Thailand sebagai Raja ASEAN pun mulai luntur seiring menanjaknya Vietnam.

Terkini, Vietnam baru saja mengumumkan 30 pemainnya untuk Piala AFF 2020. Para pemain-pemain terbaik turut disertakan, yang mengindikasikan Vietnam tetap serius tampil pada ajang dua tahunan negara se-Asia Tenggara ini.

Ada Nguyen Tien Linh, Vu Van Thanh, Nguyen Quang Hai, Luong Xuan Truong, Nguyen Tuan Anh, hingga Nguyen Cong Phuong. Nama pertama adalah top skor Vietnam di Pra-Piala Dunia 2022 dengan torehan 7 gol.

Dua dari tujuh gol Nguyen Tien Linh di antaranya disarangkan ke gawang Timnas Indonesia dalam dua laga berbeda. Penyerang muda Becamex B├Čnh Duong itu sedang on-fire sepanjang 2021 di level internasional dengan catatan lima gol dari sembilan laga.

Di skuad Vietnam untuk Piala AFF 2020 juga masih ada juga Nguyen Quang Hai, yang menjadi pilar menanjaknya penampilan Vietnam. Ia terlibat dalam semua kesuksesan Vietnam, termasuk Piala Asia U-23 2018 (finalis), Asian Games 2018 (semifinalis), Piala AFF 2018, dan medali emas SEA Games 2019.

Pencapaian individual juga didapatkannya atas gelar pemain terbaik Piala AFF 2018 yang dianugerahkan kepadanya. Sebagai gelandang serang, permainannya memang atraktif.

Adapun Park Hang-seo sebelumnya sempat menyertakan 35 pemain dalam persiapan menuju Piala AFF. Lima pemain kemudian dieliminasi yakni Pham Van Cuong, Ly Cong Hoang Anh, Ho Thanh Minh, Le Van Do, dan Pham Tuan Hai.

Kiper Dang Van Lam yang masih cedera pun kembali tak disertakan setelah posisinya diambil Bui Tan Truong. Dang Van Lam yang kini tampil di J.League bersama Cerezo Osaka sebelumnya adalah kiper utama Vietnam.

Park Hang-seo pun memilih tiga kiper lain sebagai deputi Bui Tan Truong. Mereka adalah Nguyen Van Hoang, Tran Nguyen Manh, dan Quan Van Chuan.

Selain Dang Van Lam, ada juga Doan Van Hau yang absen lantaran cedera. Publik sepakbola Indonesia tentu masih ingat aksinya yang mengasari Evan Dimas di final sepakbola SEA Games 2019.

Terlepas dari itu, ini adalah skuad yang tak jauh berbeda dengan tim di Pra-Piala Dunia. Vietnam tampil perkasa dan melaju sekaligus menjadi satu-satunya negara ASEAN yang melaju ke babak ketiga. Tapi Vietnam babak belur di babak ketiga karena kalah enam kali alias tanpa satu poin pun di Grup G yang diisi Arab Saudi, Jepang, Australia, Oman, dan China.

Meski begitu, Vietnam tetap menjadi ancaman serius di level ASEAN. Piala AFF bisa menjadi ajang pelampiasan kegagalan di Pra-Piala Dunia.

Kabar buruknya, Vietnam segrup dengan Timnas Indonesia di Grup B. Garuda akan jumpa Vietnam pada pertandingan ketiga, 15 Desember.

Daftar pemain Vietnam di Piala AFF 2020:

Kiper:

Bui Tan Truong (Hanoi FC), Nguyen Van Hoang (SLNA), Tran Nguyen Manh (Viettel), Quan Van Chuan (Phu Tho)

Bek:

Do Duy Manh, Tran Dinh Trong, Nguyen Thanh Chung, Bui Hoang Viet Anh (Hanoi FC); Vu Van Thanh, Nguyen Phong Hong Duy (HAGL); Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Nguyen Thanh Binh (Viettel), Pham Xuan Manh (SLNA), Ho Tan Tai, Do Thanh Thinh (Binh Dinh)

Gelandang:

Nguyen Quang Hai, Pham Duc Huy, Le Van Xuan, Do Hung Dung (Hanoi FC); Luong Xuan Truong, Tran Minh Vuong, Nguyen Tuan Anh (HAGL); Nguyen Hoang Duc (Viettel), Phan Van Duc (SL Nghe An).

Striker:

Nguyen Van Toan, Nguyen Cong Phuong (HA Gia Lai); Nguyen Tien Linh (Binh Duong); Ha Duc Chinh (Binh Dinh), Tran Van Dat (Cong an Nhan dan)

(krs/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT