Update Pemain Timnas dari Eropa, PSSI: Witan Sudah Gabung

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 02 Des 2021 19:00 WIB
Witan Sulaeman
Witan Sulaeman (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Dari tiga pemain Timnas Indonesia yang berkarier di Eropa, cuma Witan Sulaeman yang bergabung tepat waktu. Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott datang menyusul.

Egy terancam absen di fase grup dan baru bisa bergabung jika Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Klubnya, FK Senica dikabarkan baru akan melepas Egy setelah Liga Slovakia libur.

Liga Slovakia masih akan berlangsung sampai 19 Desember mendatang. Setelahnya kompetisi libur panjang dan baru akan bergulir lagi mulai 12 Februari 2022.

Menimbang performa Egy akhir-akhir ini, FK Senica kemungkinan tak akan rela melepas salah satu pemain terbaiknya ke Timnas Indonesia. Terbaru, Egy baru saja mencetak dua gol kala FK Senica main imbang 2-2 dengan MSK Zilina pada 30 November.

Begitu juga dengan Elkan yang ternyata batal bergabung tepat waktu. Sebelumnya bek jangkung itu berencana menyusul dari Inggris pada awal Desember.

Kabar terbaru, PSSI menyebut bahwa Elkan juga pada akhirnya akan datang menyusul ke Singapura. Belum diketahui alasan Elkan tak bisa datang lebih awal.

"Elkan bergabung pekan depan, sekarang PSSI sedang memproses tiketnya ke Singapura," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport.

"Witan sekarang sudah bergabung dengan tim. Kalau Egy diperkirakan baru tanggal 12 menyusul ke Singapura," ujarnya menjelaskan.

Witan Sulaeman sendiri memang sudah bergabung Timnas Indonesia sejak TC di Turki. Ia juga ikut bertanding pada uji coba terakhir dan menyumbang 1 gol saat Timnas Indonesia mengalahkan Antalyaspor 4-0, Minggu (28/11/2021).

Saat ini Timnas Indonesia sudah meninggalkan Turki menuju Singapura. Garuda sempat menjalani Pemusatan Latihan (TC) di Turki sejak pertengahan November sebagai persiapan Piala AFF.

Timnas Indonesia dijadwalkan bertanding pada 9 Desember kontra Kamboja, 12 Desember melawan Laos. Lalu 15 Desember melawan Vietnam dan terakhir 19 Desember melawan Malaysia.

(aff/aff)