ADVERTISEMENT

Ini Persiapan Persib Bandung untuk Hadapi Persebaya Besok

Wisma Putra - Sepakbola
Selasa, 07 Des 2021 19:51 WIB
Pelatih Persib Robert Rene Alberts di Stadion Siliwangi, Bandung, Kamis (20/2/2020).
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memprediksi duel seru dengan Persebaya Surabaya. (Foto: detikcom/Yudha Maulana)
Jakarta -

Persib Bandung akan melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1. Duel Maung Bandung dengan Bajul Ijo diprediksi akan berjalan menarik.

Di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu, (8/12/2021) malam, Persib vs Persebaya digelar. Pelatih Pangeran Biru, Robert Rene Alberts, yang memprediksi jalannya duel dengan Persebaya akan atraktif.

Tim asal kota Pahlawan sudah tak tumbang dalam 9 pertandingan. Persebaya memetik enam kemenangan dan 3 hasil imbang.

"Ini akan menjadi pertandingan yang menarik karena Persebaya sedang dalam laju yang positif, meraih hasil bagus di beberapa pertandingan terakhir. Sedangkan kami sayangnya di series ini tidak bisa mendapatkan semua poin yang tersedia (karena kalah dari Persija dan Arema)," kata Robert kepada wartawan, Selasa (7/12/2021).

"Kami masih memiliki dua laga tersisa di putaran pertama dan paham betapa pentingnya laga ini. Bhayangkara menang di laga kemarin dan untuk bisa tetap menjaga jarak dengan mereka kami harus mendapatkan tiga poin, itu motivasi kami untuk menang," kata dia menambahkan.

Robert menyebut, hanya Ardi Idrus yang dilarang bermain dalam pertandingan melawan Persebaya. Selain itu, Teja juga tidak bisa ikut bermain.

"Ada satu yang terkena larangan bermain yaitu Ardi Idrus dan tidak ada pemain lainnya yang mengalami cedera serius. Kami mulai keleluasaan dalam menentukan pemain tapi tanpa Ardi dan Teja yang belum sepenuhnya pulih," kata pelatih asal Belanda itu.

Robert menilai, dalam liga ini Persebaya merupakan tim yang produktif, begitupun Persib Bandung.

"Seperti yang sudah saya katakan, Persebaya adalah tim nomor satu soal produktivitas di liga sejauh ini. Kalau tidak salah mereka sudah mencetak 26 gol dan kami ada di posisi kedua dengan 24 gol. Jadi kedua tim cukup produktif dalam hal permainan menyerang," kata Robert.

"Sedangkan dalam hal lini pertahanan kami menjadi yang terbaik di liga sejauh ini dengan hanya kemasukan 90 gol dan Persebaya kebobolan 16 gol kalau tidak salah. Jadi ini akan menjadi laga yang menarik dalam hal pertemuan dua tim yang produktif dan mungkin terjadi banyak gol," kata dia menambahkan.

Pihaknya akan sekuat tenaga, mengalahkan tim yang diarsiteki Aji Santoso ini.

"Tapi perlu dicatat, bahwa tim yang menang adalah tim yang tidak kemasukan gol dan itu menjadi kekuatan kami sejauh ini, meski kami juga sedang dihadapkan pada situasi absennya pemain di pertahanan. Tapi kami juga sudah dalam jalur yang tepat karena kini beberapa pemain sudah kembali. Saya berharap kami bisa melanjutkan catatan bisa mencetak gol tapi juga menjaga rekor di pertahanan dengan bertahan dengan tangguh," kata Robert.

Salah satu pemain Persib Achmad Jufriyanto mengatakan, sebagai pemain, dirinya berada dalam motivasi yang tinggi. "Jelang pertandingan besok pemain memiliki keinginan yang lebih dan kita harus membawa itu ke pertandingan untuk mendapatkan tiga poin," kata dia lagi.

Ia akan berusaha, mendapatkan 3 poin untuk tim yang berjuluk Maung Bandung ini.

"Ya kami akan berusaha bagaimana caranya mereka tidak mencetak gol. Kita sebagai pemain akan fokus dengan apa tugas kami di belakang dan tidak akan membiarkan mereka untuk masuk ke pertahanan kami. Kami fokus terhadap permainan sendiri, setidaknya kalau bisa menguasai bola lebih banyak dari mereka, maka lebih sedikit chance mereka masuk ke pertahanan kita. Jadi kita berusaha membuat mereka tidak bisa masuk ke pertahanan, kita akan coba fokus pada komunikasi dan organisasi," kata Robert.

(wip/cas)

ADVERTISEMENT