Uji Coba Penonton Liga 2: Suporter Bingung Saat Masuk ke Stadion

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 15 Des 2021 20:55 WIB
Ujicoba Penonton saat Rans Cilegon FC vs Persis Solo
Ujicoba penonton Persis vs Rans Cilegon FC masih bikin bingung (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Cibinong -

Duel Rans Cilegon FC vs Persis Solo jadi uji coba kehadiran penonton di Liga 2. Namun, masih banyak yang bingung dengan alur masuk ke stadion.

Sebagaimana keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB), uji coba kehadiran penonton dimulai dari Babak 8 Besar Liga 2. Setiap tim berhak mendapat jatah 100 tiket per pertandingan.

Persis menjadi salah satu tim yang serius mengerahkan suporternya untuk bisa hadir ke dalam stadion. Mereka dihadirkan ke Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, untuk menyaksikan laga melawan Rans Cilegon FC, Rabu (15/12/2021), pukul 20.45 WIB.

"Ya tadi ada hal yang agak ribet pas masuk, harusnya swab antigen sama Peduli Lindungi sudah cukup kan. Kami juga sudah vaksin dua kali, tapi tadi ribet daftar-dafter tiket dan daftar undangan," kata anggota B6 Surakartans, Marten Oi, saat ditemui wartawan.

"Saya Koordinator B6 Surakartan dari kami ada 25 orang, kalau total ada 100 orang. Dari teman-teman ultras 25 orang, Pasoepati 25 orang, dan Garis Keras 25 orang juga," sambungnya.

Menurut pengakuan Marten, dia dikejutkan dengan biaya swab antigen sebelum masuk ke stadion. Padahal, PT LIB sempat menyatakan bahwa tes COVID-19 gratis karena bekerja sama dengan Kemenkes.

Untuk diketahui, tak ada penjualan tiket untuk uji coba penonton di Liga 2 alias gratis. Tetapi ternyata mereka harus merogoh kocek untuk biaya tes antigen.

"Tadi bayar 45 ribu satu orang. Tadi tunjukkin tiket pas mau antigen, selama di Solo semua itu gratis, kemarin ada tiga perwakilan di Solo, undangan itu gratis antigennya tapi kenapa di sini malah bayar," ujar Marten Oi keheranan.

"Sebelumnya saya tahunya gratis, saya keget kenapa di Solo bisa gratis tapi di sini bayar. Apa perbedaannya, bahkan Liga 1 dan Liga 2 itu swab itu nggak ada yang bayar," ucapnya.

Marten berharap PT LIB bisa memperbaiki skema kehadiran penonton untuk laga-laga selanjutnya. Ia berharap tak dibuat kebingungan lagi saat hendak menyaksikan laga uji coba penonton.

"Saya harapkan seharusnya ini antigen gratis karena kan masih undangan. Kecuali kalau tiket sudah beli sendiri ya tidak masalah bayar, tapi kan ini undangan harusnya gratis," pungkas Marten.

(mrp/cas)