Kata Menpora soal Uji Coba Penonton di Babak 8 Besar Liga 2

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 16 Des 2021 16:39 WIB
Suporter Persis Solo
Foto: (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali mengapresiasi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) atas terselenggaranya uji coba penonton pada Babak 8 Besar Liga 2 2021.

Uji coba penonton pertama kali digelar pada laga Sriwijaya FC Vs Persiba Balikpapan, Rabu (16/12/2021). Pada hari yang sama setelahnya, dilanjutkan dengan laga Rans Cilegon kontra Persis Solo.

Ini adalah sejarah buat sepakbola Indonesia yang sudah diramaikan dengan penonton lagi di masa pandemi COVID-19. Karena masih tahap uji coba, jumlah penontonnya pun dibatasi 100 tiket suporter per klub.

Protokol kesehatan ketat benar-benar diterapkan pada uji coba ini. Beberapa penonton yang belum vaksin dua kali akhirnya tidak bisa masuk stadion meski sudah datang jauh ke Stadion Pakansari.

Akibatnya, laga Sriwijaya kontra Persiba pun belum bisa dihadiri penonton dalam jumlah kuota maksimal. Menpora Zainudin Amali pun mengapresiasi penerapan hal ini.

"Pemerintah berterima kasih kepada PSSI, pengelola kompetisi, PT LIB yang sudah melakukan penyelenggaraan kegiatan dengan penonton yang terbatas, tetapi juga dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Amali saat memberikan keterangan.

"Kita harus berani memulai. Jika kita tidak mulai, maka kita tidak pernah tahu mana kelebihan kita dan tentu hal-hal yang menjadi kelemahan yang harus segera kita perbaiki," ujarnya.

Mochamad Iriawan dan Zainudin AmaliKetum PSSI Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali (Muhammad Robbani/detikSport)

Sebagai hal yang baru pertama kali digelar, masih banyak penonton yang kebingungan dengan alur masuk ke stadion. Beberapa penonton dibuat kaget dengan berbagai mekanisme yang sebelumnya belum pernah disosialisasikan.

Yang paling terasa adalah mereka harus merogoh kocek untuk tes antigen. Padahal, janji sebelumnya tak ada biaya untuk menyaksikan laga buat penonton yang mendapat undangan ke stadion.

"ita memulai dengan Liga 2 dan harapan besarnya tanpa kendala. Semoga akan lancar sehingga pada saat Liga 1 nanti juga tidak ada banyak lagi hal-hal yang perlu diperbaiki," tutur Amali.

"Jadi, kalau ada kekurangan-kekurangan sekarang bisa kita lihat dan nanti pada saat Liga 1, saya berharap ini sudah bisa," ucapnya.

Uji coba penonton akan terus dilakukan selama penyelenggaraan Babak 8 Besar. Kelanjutannya di semifinal hingga final Liga 2 akan sangat bergantung dengan kesuksesan di 8 Besar.

Jika tak ada kendala, BRI Liga 1 juga akan menyusul saat digelar lagi mulai Januari 2022. Rencananya penonton juga akan dihadirkan pada Seri 4 Liga 1 yang akan digelar di Bali.

(aff/cas)