ADVERTISEMENT

Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Paling Subur di Fase Grup

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 20 Des 2021 15:00 WIB
Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 usai mengalahkan Malaysia 4-1. Skuad Garuda pun berhasil menjadi juara Grup B dengan raihan 10 poin.
Foto: ANTARA FOTO/HUMAS PSSI
Jakarta -

Timnas Indonesia menjadi tim paling subur selama fase grup Piala AFF 2020. Tim asuhan Shin Tae-yong itu mengungguli Filipina, Thailand, hingga Vietnam.

Total 13 gol berhasil disarangkan Evan Dimas Cs dalam empat pertandingan fase grup. Itu artinya, Timnas Indonesia punya rataan mencetak 3,25 gol per laga.

Sejak laga pertama, Timnas Indonesia sudah mencetak banyak gol dengan Kamboja menjadi korban perdana. Pada laga itu, Timnas Indonesia menang dengan skor 4-2 berkat gol-gol dari Rachmat Irianto (2 gol), Evan Dimas, dan Ramai Rumakiek.

Tak berhenti di situ, Timnas Indonesia malah mencetak lebih banyak gol pada laga keduanya. Laos mereka cukur dengan skor 5-1. Asnawi Mangkualam, Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian, dan Evan Dimas, mencatat namanya di papan skor.

Cuma pada pertandingan ketiga saja Timnas Indonesia gagal mencetak gol. Menghadapi kandidat juara Vietnam, Garuda bermain di bawah tekanan dalam laga yang berakhir imbang 0-0.

Pesta gol akhirnya kembali dilakukan pada laga penentuan kontra Malaysia. Tim asuhan Tan Cheng Hoe dicukur dengan skor 4-1 meski sempat tertinggal 0-1 terlebih dulu. Irfan Jaya memborong dua gol, ditambah masing-masing 1 gol dari Pratama Arhan dan Elkan Baggott.

Tak cuma subur, Timnas Indonesia juga punya selisih gol yang cukup baik. Garuda mencetak 13 gol dan cuma kebobolan 4 gol atau 1 gol per laga (+9).

Di bawah Indonesia ada Filipina yang cuma berselisih 1 gol. Azkals mencetak 12 gol yang 7 di antaranya membobol gawang Timor-Leste.

Di tempat ketiga ada Vietnam yang punya torehan 9 gol. Istimewanya, tim asuhan Park Hang-seo belum kebobolan alias punya selisih gol +9.

Ada tim tersubur, ada tim yang mandul. Timor Leste menjadi satu-satunya peserta yang tak mencetak 1 gol pun selama babak fase grup.

Timor Leste menjadi tim dengan pertahanan terburuk karena kebobolan 13 gol di bawah Laos yang kebobolan 14 gol. Baik Timor Leste maupun Laos sama-sama punya selisih gol minus 13.

Tim tersubur Piala AFF 2020 (fase grup)

  1. Indonesia 13 gol
  2. Filipina 12 gol
  3. Thailand 10 gol
  4. Vietnam 9 gol
  5. Malaysia 8 gol
  6. Singapura 7 gol
  7. Kamboja 6 gol
  8. Myanmar 4 gol
  9. Laos 1 gol
  10. Timor-Leste 0 gol

(krs/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT