ADVERTISEMENT

Piala AFF 2020: Indonesia Ditunggu Ujian Singapura

Lucas Aditya - Sepakbola
Senin, 20 Des 2021 13:20 WIB
Indonesias Irfan Samaling Kumi (C#25) celebrates after scoring his first goal against Malaysia during the AFF Suzuki Cup 2020 Group B football match between Malaysia and Indonesia at the National Stadium in Singapore on December 19, 2021. (Photo by Roslan RAHMAN / AFP)
TImnas Indonesia ditunggu ujian dari Singapura di semifinal Piala AFF 2020. (Foto: AFP/Roslan Rahman)
Jakarta -

Timnas Indonesia tampil meyakinkan di fase grup Piala AFF 2020. Di semifinal, Skuad Garuda ditunggu ujian dari tim tuan rumah, Singapura.

Di National Stadium, Minggu (19/12/2021) malam WIB, Indonesia menghajar Malaysia dengan skor 4-1. Sempat ketinggalan lebih dulu pada menit ke-13, akibat gol Kogeliswaran Raj.

Tak panik, Indonesia mampu membalas dengan dua gol Irfan Jaya, serta masing-masing satu gol dari Pratama Arhan dan Elkan Baggott.

Indonesia mengunci posisi juara Grup B di klasemen Piala AFF 2020. Tim asuhan Shin Tae-yong mengumpulkan 10 poin, sama dengan Vietnam. Tapi, Indonesia unggul produktivitas gol.

Singapura yang akan menjadi lawan Indonesia di babak semifinal. Pertandingan leg I akan berlangsung di National Stadium, Rabu (22/12/2021) pukul 19.30 WIB, leg II berlangsung di stadion yang sama dua hari berselang.

Indonesia Belum Terkalahkan di Fase Grup

Di Piala AFF 2020, masih ada 3 tim yang belum terkalahkan. Thailand masih sempurna dengan catatan 4 kemenangan. Indonesia dan Vietnam membukukan 3 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Kemenangan didapat oleh Indonesia saat melawan Kamboja, Laos, dan Malaysia. Hasil imbang didapat tim asuhan Shin Tae-yong saat melawan Vietnam.

Tak cuma terkalahkan, Indonesia juga untuk sementara menjadi tim paling produktif di Piala AFF 2020. Ada 13 gol yang sudah dibukukan oleh Ezra Walian cs.

Irfan Jaya menjadi pemain paling subur dengan sumbangan 3 gol. Secara keseluruhan sudah ada 8 pencetak gol berbeda di skuad Indonesia.

Indonesia juga mampu menunjukkan taktik yang beragam. Shin Tae-yong menurunkan formasi dan menerapkan strategi menyesuaikan lawan yang dihadapi.

Skema 3 bek dijalankan saat melawan Vietnam, berujung 1 poin penting untuk mengantarkan menjadi juara grup. Permainan dengan intensitas tinggi dan ketenangan Indonesia saat menghajar Malaysia juga menjadi bukti kepiawaian Shin Tae-yong.

Singapura Kukuh di Lini Belakang

Singapura masuk ke dalam tiga besar tim kebobolan paling sedikit di fase grup Piala AFF 2020. The Lions kebobolan tiga gol, jumlah itu cuma kalah dari Vietnam (0 gol) dan Thailand (1 gol).

Dua clean sheet sudah dibukukan oleh Singapura di 4 laga dase grup Piala AFF. Mereka membukukannya saat melawan Myanmar dan Timor Leste.

Singapura pernah menjadi mimpi buruk untuk Indonesia di babak semifinal Piala AFF pada edisi 1998. Saat itu, Singapura menumbangkan Indonesia 1-2.

Saat itu gol dari Rafi Ali dan Nazri Nasir cuma bisa dibalas sekali oleh Indonesia via Miro Baldo Bento.

Di Piala AFF, Singapura menjadi pengoleksi gelar terbanyak kedua. Mereka sudah menang 4 kali, cuma ketinggalan satu gelar dari Thailand sebagai pengumpul status juara terbanyak.

(cas/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT