ADVERTISEMENT

Indonesia Ganyang Malaysia, Safee Sali Bilang 'Selamat Maju Jaya'

Kris Fathoni W - Sepakbola
Senin, 20 Des 2021 12:40 WIB
Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 usai mengalahkan Malaysia 4-1. Skuad Garuda pun berhasil menjadi juara Grup B dengan raihan 10 poin.
Indonesia saat pesta gol ke gawang Malaysia. (Foto: ANTARA FOTO/HUMAS PSSI)
Jakarta -

Eks timnas Malaysia yang juga pernah merumput di Indonesia, Safee Sali, sempat meragukan timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Usai timnas Indonesia lolos ke semifinal usai mengganyang Harimau Malaya, ia pun memberi selamat.

Safee Sali, yang pernah membantu Malaysia juara Piala AFF 2010, sempat bikin panas netizen Indonesia lantaran pernyataannya dalam sebuah wawancara ketika memprediksi tim-tim yang akan lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

Saat itu pencetak 23 gol dari 76 penampilan buat timnas Malaysia tersebut menyangsikan kemampuan Indonesia lolos dari fase grup Piala AFF 2020, terlebih karena harus bersaing dengan Vietnam dan Malaysia.

"Indonesia membawa tim muda yang memang potensial ke turnamen. Tapi dibandingkan dengan para pesaingnya tim muda ini kurang berpengalaman," ujar Safee Sali kepada Zing News.

"Tidak peduli seberapa ambisius Shin Tae-yong, dia harus menerima fakta Piala AFF 2020 bukan saat tepat untuk mengharapkan sesuatu yang besar dari para pemain ini," kata eks Pelita Jaya tersebut.

Skuad Garuda yang dibawa Shin Tae-yong ke Piala AFF 2020 memang berisikan para pemain muda. Walaupun tetap ada pemain senior macam Victor Igbonefo (36 tahun) atau Fachrudin Aryanto (32 tahun), mayoritas pemain yang diturunkan tetap masih amat muda bahkan beberapa belum genap 20 tahun.

Sebut saja Pratama Arhan, Elkan Baggott, dan Ramai Rumakiek yang sama-sama masih 19 tahun. Atau Alfeandra Dewangga (20 tahun), Witan Sulaeman (20 tahun), dan Asnawi Mangkualam (22 tahun).

Indonesia punya tim muda memang fakta. Usia rata-rata skuad Indonesia adalah 23,7 tahun.

Yapi prediksi Safee Sali bahwa skuad Garuda saat ini minim potensi unjuk gigi sontak bikin netizen Indonesia bereaksi di media sosial. Sampai-sampai ia harus memberi klarifikasi awal bulan ini.

"Itu kan hanya prediksi saya untuk Timnas Indonesia. Entah benar atau tidak, saya tak tahu karena hanya prediksi," kata Safee Sali dikutip dari akun YouTube pribadinya, 9 Desember 2021.

"Hanya Allah yang tahu dan kalian harus bisa menerima prediksi orang. Seharusnya kalian bangga, dong. Saya pemain Malaysia tapi tetap mengikuti perkembangan Timnas Indonesia. Harusnya komentarnya yang positif, jangan provokasi Indonesia-Malaysia," ujarnya.

Pada prosesnya Indonesia mampu menjawab keraguan dengan lolos ke semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara Grup B di atas Vietnam, berkat keberhasilan mengganyang Malaysia dengan skor 4-1, Minggu (19/12) malam WIB. Malaysia tersingkir.

Hasil itu turut membuat nama Safee Sali kembali ramai dibahas di medsos. Ia sendiri secara sportif memberi selamat kepada timnas Indonesia, sembari menyoroti program naturalisasi di Malaysia.

"Congratulation and selamat maju jaya," tulis Safee Sali dalam caption postingannya di Instagram, yang menemani foto berisikan sejumlah tulisan lainnya.

"Tahniah (Selamat) Garuda. Kita (Malaysia) harus mengakui kekalahan," ucap pemain berusia 37 tahun itu di Instagram.

(krs/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT