Statistik Indonesia Vs Singapura: Siapa Lebih Oke di Fase Grup Piala AFF?

Lucas Aditya - Sepakbola
Senin, 20 Des 2021 19:03 WIB
Selebrasi gol kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono, usai menjebol gawang Kamboja di Grup B Piala AFF 2020.
Timnas Indonesia atau Timnas Singapura yang mempunyai statistik lebih baik di fase grup Piala AFF 2020? (Foto: dok. PSSI)
Jakarta -

Indonesia dan Singapura berhadapan di semifinal Piala AFF 2020. Di fase grup, lebih baik Skuad Garuda atau The Lions?

Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2020 selepas mengalahkan Malaysia di partai pamungkas Grup B. Dalam pertandingan di National Stadium, tim Merah-Putih menang 4-1 atas Harimau Malaya.

Malaysia unggul lebih dulu berkat gol Kogeliswaran Raj pada menit ke-13. Dibalas empat kali oleh Indonesia via Irfan Jaya (2 gol), Pratama Arhan, dan Elkan Baggott.

Indonesia pun mengunci posisi teratas Grup B. Mengumpulkan 10 poin, raihan angka tim asuhan Shin Tae-yong sama dengan Vietnam.

Selisih gol Indonesia dan Vietnam sama +6, Evan Dimas Darmono cs lebih baik dari sisi produktivitas gol. Dengan catatan 13 gol, Indonesia menjadi tim paling subur di fase grup Piala AFF 2020.

Dari data yang dicatat Opta, Indonesia mampu membukukan 21 shot on target dalam 4 pertandingan. Jumlah tembakan menemui bidang Singapura juga sama.

Soal akurasi tembakan, Indonesia lebih kecil dari Singapura. Persentase akurasi Ikhsan Fandi cs di angka 50 persen, Indonesia sebesar 42 persen.

Dari sisi pertahanan, Singapura lebih solid. Ada 2 clean sheet yang dicatatkan. Mereka baru kebobolan 3 gol. Sementara itu, Indonesia baru mencatatkan 1 clean sheet. Gawang Indonesia kebobolan 4 kali.

Dalam empat laga, Indonesia melepaskan 1.186 umpan. Sedangkan Singapura mencatatkan 1.252 operan.

Perbandingan statistik lengkap antara Indonesia di fase grup Piala AFF 2020 bisa dilihat dalam tabel Opta di bawah ini.

[Gambas:Opta]

(cas/krs)