Liga 2 2021 Masuk Semifinal, Kembali Digelar Tanpa Penonton

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 26 Des 2021 19:47 WIB
Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno
Direktur Operasional PT LIB Sudjarno. Foto: (PT LIB)
Jakarta -

Uji coba penonton dipastikan tak lanjut untuk gelaran Liga 2 2021, yang kini akan melangsungkan partai semifinal. PT LIB mengikuti aturan pemerintah.

Semifinal Liga 2 akan mempertemukan Rans Cilegon Vs PSIM Yogyakarta di Stadion Pakansari dan Martapura Dewa United Vs Persis Solo di Stadion Wibawa Mukti. Kedua laga akan digelar pada 27 Desember 2021.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan tidak melanjutkan uji coba penonton. Sebelumnya Babak 8 Besar Liga 2 sempat diwarnai kehadiran penonton lagi dengan kuota maksimal 100 orang per-klub.

Rencana awalnya, uji coba penonton akan terus dilakukan sampai babak final. Tapi Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) no 66 tahun 2021 membuat rencana itu harus dilupakan.

"Kebijakan ini kami sesuaikan dengan instruksi dari pemerintah. Dengan demikian, undangan untuk penonton seperti halnya babak delapan besar, kami tiadakan," kata Direktur Operasional PT LIB Sudjarno.

"Pertandingan semi-final pertama dilangsungkan pukul 17.00 WIB dan pertandingan semi-final kedua pukul 21.00 WIB," ujarnya.

Ada tiga tiket yang akan diperebutkan empat tim untuk promosi ke Liga 1 2022. Mereka yang berhak promosi adalah juara, runner-up, dan klub peringkat ketiga.

Buat tim yang kalah di semifinal, masih punya kesempatan untuk meraih posisi ketiga. Sementara tim yang kalah di perebutan posisi ketiga tetap akan bermain di Liga 2 musim depan.

"Babak final termasuk perebutan tempat ketiga rencananya akan dilaksanakan di SUGBK. Jamnya sama, yaitu pukul 17.00 WIB dan sekaligus awarding ceremony pukul 21.00 WIB," ucap Sudjarno.

(krs/mrp)