Hamka Hamzah Pensiun Usai Antar Rans Cilegon ke Liga 1?

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 28 Des 2021 03:05 WIB
Hamka Hamzah Manajer Rans Cilegon FC
Hamka Hamzah Isyaratkan pensiun usai bawa Rans Cilegon FC ke Liga 1 (Foto: Istimewa)
Cibinong -

Hamka Hamzah kemungkinan besar bakal pensiun dari lapangan hijau. Keberhasilan mengantar Rans Cilegon FC promosi ke Liga 1 bisa menjadi kiprah terakhirnya.

Rans Cilegon merebut 1 tiket promosi ke Liga 1 setelah menang 3-0 atas PSIM Yogyakarta dalam semifinal Liga 2 2021. Klub milik Raffi Ahmad itu menang 3-0 atas PSIM di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Senin (27/12/2021).

Dalam laga ini, Hamka Hamzah sebenarnya bermain sambil menahan rasa sakit. Ia sedang menderita cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) yang didapatnya saat laga terakhir Rans di Babak 8 Besar melawan Sriwijaya FC, 22 Desember.

"Saat ini 80 persen sepertinya selesai, jadi dokter tim mengatakan bahwa saya tidak bisa bermain karena lutut saya ACL robek. Masak saya harus operasi yang ke-5 kalinya," kata Hamka Hamzah, saat memberikan keterangan seusai laga.

"Mungkin saya tetap di sepakbola, menjadi apapun, yang penting saya bisa menyalurkan bakat dan pengalaman kepada adik-adik saya," ujarnya mengisyaratkan pensiun.

Pelatih Rans Rahmad Darmawan pun menjelaskan alasannya tetap memainkan Hamka dalam kondisi cedera. Ia mau memberikan kesempatan kepada bek senior untuk menciptakan kenangan di pengujung kariernya.

Ia menegaskan bahwa keselamatan pemain adalah prioritas utamanya. Tapi hatinya luluh ketika sang pemain menunjukkan tekad kuat untuk tetap dilibatkan dalam pertandingan.

"Hamka cedera kemarin pertandingan terakhir, secara medis tak boleh main. Saya konsultasi ke dokter dan Hamka juga bilang mau main karena mau menjadikan pertandingan bersejarah. Kondisinya dia cuma 60-70 persen," tutur Rahmad Darmawan.

"Apakah Hamka bisa main di final apa tidak, itu saya serahkan ke Hamka. Dibilang butuh, ya butuh. Keselamatan pemain nomor 1. Tapi kalau dia bilang bisa main, psikologi bisa mengalahkan rasa sakit," ucapnya.



Simak Video "Ramai Kabar Mesut Özil Dikabarkan Direkrut RANS Cilegon"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/pur)