Sederet Pemain BRI Liga 1 yang Bersinar di Skuad Garuda Piala AFF 2020

Dea Duta Aulia - Sepakbola
Selasa, 28 Des 2021 22:06 WIB
Logo Liga 1, Logo Bri Liga 1, BRI Liga 1
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Pencapaian Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 kian membanggakan. Pasalnya, skuad garuda asuhan Shin Tae-yong ini mantap melangkah ke final Piala AFF 2020 dengan rekor tak terkalahkan sejak fase grup.

Indonesia berhasil mengoleksi empat kemenangan dan dua hasil imbang dalam perjalanan menuju final Piala AFF 2020 tersebut. Pencapaian ini tentu tidak terlepas dari performa dan kontribusi para pemain BRI Liga 1 yang bersinar di skuad garuda Piala AFF 2020. Siapa saja?

1. Rachmat Irianto

Rachmat Irianto menjadi sosok sentral di Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Dalam 5 pertandingan Indonesia di Piala AFF 2020, Rachmat Irianto selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong. Dia juga sudah bermain selama 322 menit.

Rachmat Irianto juga menjadi ball winner sekaligus filter sebelum serangan lawan menuju ke pertahanan Indonesia. Statistik Opta menunjukkan bahwa pemain Persebaya Surabaya itu mempunyai peran krusial.

Di sisi lain, pemain tengah dari Timnas Indonesia ini memiliki performa yang cukup baik di klub asalnya yakni Persebaya. Kapten dari Persebaya ini juga sukses membawa klub sepak bola kebanggan warga Surabaya ini menang melawan berbagai tim di ajang BRI Liga 1.

2. Ezra Walian

Selanjutnya yakni Ezra Walian dari Persib Bandung juga memiliki performa yang tidak kalah ciamik. Kehadirannya di klub sepak bola kebanggaan warga Bandung ini menjadi angin segar bagi Persib. Pasalnya sebelum di Persib, Ezra merupakan pemain yang pernah menimba karier bersama Ajax Amsterdam salah satu klub sepak bola yang terkenal di Belanda.

Tak hanya itu, kehadiran Ezra di Timnas Indonesia pada ajang AFF 2020 juga menjadi kekuatan baru tim Garuda. Apalagi ketika pertandingan semifinal tempo lalu ketika Indonesia melawan Singapura, pemain asal Persib Bandung ini sukses membuka gol pertamanya pada menit ke 11 pertandingan. Bahkan, penyerang Timnas Indonesia ini juga sukses membuat kerepotan para pemain lawan di ajang AFF 2020.

3. Ramai Rumakiek

Selain itu ada pula Ramai Rumakiek yang merupakan pemain asal Persipura. Kemampuan penyerang sayap kiri Timnas Indonesia ini memang sudah tidak diragukan lagi. Di AFF 2020, ia tampil begitu lincah bahkan kerap merepotkan pertahanan lawan. Tak hanya itu, pada ajang tersebut Ramai juga telah sukses menorehkan gol untuk tim Garuda.

Kemampuannya memainkan si kulit bundar tidak hanya ditunjukkan pada ajang tersebut saja. Pria kelahiran Papua ini juga unjuk gigi di klub asalnya yakni Persipura. Saat membela Persipura, ia sukses mencetak sejumlah gol di ajang BRI Liga 1.

4. Pratama Arhan

Pratama Arhan bisa dikatakan sebagai aset berharga dari PSIS Semarang. Selama membela PSIS Semarang, ia pernah menyabet gelar-gelar bergengsi. Bahkan, keduanya juga mendapatkan status sebagai pemain terbaik selama ajang AFF 2020 berlangsung.

Pratama Arhan misalnya, pernah menyabet gelar prestitus sebagai pemain terbaik Piala Menpora 2021. Meskipun baru tampil sebanyak 6 kali BRI Liga 1 Indonesia 2021, namun Pratama Arthan selalu tampil begitu epik saat membeli tim kesayangannya PSIS Semarang.

Peran Pratama Arhan di AFF 2020 sangat membantu. Apalagi ketika pertandingan melawan Singapura yang berlangsung beberapa waktu lalu. Ketika itu di babak kedua, Indonesia sempat dibawah tekanan Singapura dengan skor 2-1. Namun, pada menit ke 87, Peran Pratama sukses merobek gawang lawan dan menyeimbangkan kedudukan menjadi 2-2-2. Skor tersebut pun mampu ditahan oleh Indonesia hingga babak kedua Semifinal AFF 2020 berlangsung.

5. Alfeandra Dewangga

Begitu juga dengan Alfeandra Dewangga yang menempati posisi bek di PSIS Semarang juga memiliki kemampuan yang tidak kalah hebat. Pria bernomor punggung 19 ini juga juga memiliki sederet prestasi pribadi seperti Runner up Asian School Games Iran serta India pada tahun 2017 dan 2018.

Kehebatannya saat memperkuat PSIS Semarang pun jangan diragukan lagi. Pasalnya, ia tidak hanya jago untuk mengisi posisi bek saja, namun untuk bermain sebagai centre back juga bisa dilakoni olehnya. Klub PSIS Semarang pun mengakui, kemampuan Alfeandra sangat unik dan jarang sekali ditemui pada pemain profesional lainnya.

Menempati posisi bek di Timnas Indonesia, membuat Alfeandra Dewangga sukses melawan serangan lawan sepanjang AFF 2020 berlangsung. Bahkan, dalam situs resmi AFF menyebutkan, Alfeandra merupakan bak modern masa kini yang sukses mencatatkan 25 clearances, 23 interceptions, dan empat blok.

Yang lebih membanggakan, kedua pemain asal PSIS ini Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga ini dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020 bersanding dengan Sieng Chanthea (Kamboja), Paulo Gali (Timor Leste), dan Thanawat Suengchitthawon (Thailand).

BRI Liga 1 Jadi Ajang Pemilihan Timnas Garuda Berkualitas

Perlu diakui peran BRI Liga 1 untuk mencari bibit unggul Timnas Indonesia sangat begitu penting. Sebab keberadaan BRI Liga 1 mempermudah pelatih Timnas Indonesia untuk mencari pemain yang cocok memperkuat tim Garuda.

Selain itu, kesuksesan BRI Liga 1 juga tidak terlepas dari dukungan semua pihak termasuk Bank BRI yang menjadi sponsor utama. Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan ada sejumlah alasan Bank BRI untuk menjadi title sponsor BRI Liga 1 salah satunya untuk mengembangkan talenta pemain sepak bola Tanah Air. Mengingat saat ini, banyak talenta pemain sepak bola Tanah Air yang perlu didorong agar dapat lebih mengembangkan potensi mereka.

(akn/ega)