ADVERTISEMENT

Chanathip Songkrasin Subur di Fase Gugur

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 30 Des 2021 17:43 WIB
Chanathip Songkrasin of Thailand celebrates after scoring the first goal during the AFF Suzuki Cup 2020 final first leg soccer match between Indonesia and Thailand in Singapore, Wednesday, Dec. 29, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Chanathip Songkrasin Subur di Fase Gugur. Foto: AP/Suhaimi Abdullah
Jakarta -

Di Piala AFF 2020, Chanathip Songkrasin sempat 'adem ayem' di fase grup. Tapi sejak fase gugur, Lionel Messi-nya Thailand ini gaspol. Gawang Indonesia pun ia jebol.

Gol cepat Chanathip Songkrasin buat Thailand menghancurkan mental Indonesia yang akhirnya kebobolan tiga gol tambahan dalam partai leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12) malam WIB.

Selain gol di menit kedua pertandingan, Chanathip Songkrasin mencetak gol lagi ke gawang Indonesia di menit ke-52 dalam kemenangan 4-0 buat Gajah Perang. Empat gol kini sudah dicetaknya di Piala AFF 2020.

Yang menarik, keempat gol tersebut dicetak pemain 28 tahun itu seluruhnya di fase gugur. Sebelum brace ke gawang Skuad Garuda, Chanathip Songkrasin juga dua kali menjebol gawang Vietnam di leg pertama babak semifinal.

Padahal, tak ada gol yang dicetak Chanathip Songkrasin di fase grup Piala AFF 2020 saat ia tampil dua kali ketika melawan Thailand dan Filipina. Di fase grup, ada sang senior Teerasil Dangda yang mengilap dengan 4 gol.

Menilik lebih jauh catatannya, seperti dilansir media Thailand Matichin.co.th, Chanathip Songkrasin rupanya memang terbiasa jadi 'pembantai' tim lawan di fase gugur Piala AFF.

Dalam catatan media tersebut, Chanathip Songkrasin sejauh ini sudah punya 7 gol selama tampil di Piala AFF. Ketujuh gol tersebut dicetak di fase gugur (2 gol di 2014 dan 1 gol di 2016).

Pada Piala AFF edisi 2014 dan 2016, Chanathip Songkrasin juga terpilih menjadi pemain terbaik. Aksi-aksi Chanathip di fase gugur kali ini membuatnya jadi kandidat kuat peraih gelar MVP untuk ketiga kalinya -- sebuah potensi rekor.

(krs/raw)

ADVERTISEMENT