ADVERTISEMENT

Dear Skuad Garuda, Erick Thohir Ingatkan Comeback Liverpool atas Barca

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 31 Des 2021 18:30 WIB
Indonesias Ezra Harm Ruud Walian (C) is congratulated by teammates after scoring during the second leg of the AFF Suzuki Cup 2020 football semi-final match between Singapore and Indonesia at the National Stadium in Singapore on December 25, 2021. (Photo by Roslan RAHMAN / AFP)
Timnas Indonesia diharapkan terinspirasi comeback Liverpool saat menyingkirkan Barcelona di Liga Champions. (Foto: ROSLAN RAHMAN/AFP)
Jakarta -

Menteri sekaligus eks Presiden Inter Milan Erick Thohir berpesan pada skuad Indonesia jelang lawan Thailand. Indonesia diharapkan terinspirasi oleh comeback Liverpool saat menyingkirkan Barcelona.

Skuad Garuda dihadapkan pada tantangan mahasulit untuk merebut trofi Piala AFF 2020. Kekalahan 0-4 dari Thailand di final leg pertama membuat peluang juara Indonesia nyaris habis.

Soalnya untuk menjadi kampiun, Indonesia mesti bisa mengalahkan Thailand dengan selisih minimal lima gol. Pertandingan final leg kedua itu sendiri akan dilangsungkan di National Stadium, Singapura pada 1 Januari 2022.

Erick Thohir meyakini Asnawi Mangkualam dkk tidak mustahil bisa membalikkan keadaan melawan Thailand. Apalagi di dalam sepakbola pernah terjadi comeback-comeback sensasional, salah satunya ketika Liverpool mendepak Barcelona di semifinal Liga Champions 2018/2019.

Pada peristiwa itu Liverpool lebih dulu kandas 0-3 di markas Barcelona di leg pertama. Si Merah kemudian menang 4-0 di leg kedua untuk lolos ke final dan menjadi juara lewat kemenangan 1-0 atas Tottenham Hotspur.

"Saya pikir kekalahan 0-4 bukan berarti sudah selesai, kami masih punya satu pertandingan tersisa," ucap Erick dikutip Bongda24.vn. "Para pemain mesti beristirahat dengan baik agar kebugaran pulih."

"Jangan lupakan pertandingan antara Barcelona dengan Liverpool di Liga Champions. Ketika Barca menang 3-0 di leg pertama, tapi Liverpool bisa menang 4-0 di leg kedua untuk mendapatkan tiket lolos ke babak berikutnya," sambung pria kini menjabat sebagai Menteri BUMN RI itu.

"Itulah sepakbola, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Kami harus tetap optimistis karena ini adalah tim nasional kami," lugas Erick Thohir menjelang laga final leg kedua Piala AFF 2020 antara Thailand vs Indonesia.

(rin/krs)

ADVERTISEMENT