ADVERTISEMENT

Takhayul Kemeja Hitam Pelatih Thailand Alexandre Polking

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 31 Des 2021 19:00 WIB
SINGAPORE, SINGAPORE - DECEMBER 23: Head coach Alexandre Polking of Thailand calls for a play during the first half of the first leg of the AFF Suzuki Cup semifinal against Vietnam at the National Stadium on December 23, 2021 in Singapore. (Photo by Yong Teck Lim/Getty Images)
Pelatih Thailand Alexandre Polking selalu memakai kemeja hitam. Polking sengaja. (Foto: Getty Images/Yong Teck Lim)
Singapura -

Pelatih Thailand Alexandre Polking selalu tampil dengan kemeja hitam di Piala AFF 2020. Rupanya Polking memang sengaja tak memakai baju dengan warna berbeda.

Pelatih Jerman berusia 45 tahun itu memimpin Thailand tampil perkasa di sepanjang turnamen. Si Gajah Perang di ambang gelar juara Piala AFF keenam setelah mengalahkan Indonesia 4-0 di final leg pertama pada Rabu (29/12/2021).

Lebih mengagumkan lagi adalah Thailand belum sekalipun kalah. Dalam tujuh pertandingan yang sudah dilalui, Thailand sukses mereguk enam kemenangan dan cuma sekali imbang, yang didapat usai bermain 0-0 melawan Vietnam di semifinal leg kedua.

Di balik laju mengesankan Thailand itu, Polking rupanya masih percaya tahayul. Pelatih kelahiran Rio de Janiero, Brasil itu kukuh tidak akan memakai atasan selain warna hitam selama timnya terus menang.

"Saya itu adalah seseorang yang sangat peduli dengan gaya berpakaian," kata Polking dilansir Bongda24.vn.

"Saya tidak akan ganti kemeja sampai kami kalah, tapi saya jamin kemeja itu akan bersih sebelum saya pakai ke lapangan. Setiap melakoni sebuah pertandingan, saya selalu mencucinya. Saya percaya itu masuk akal bagi saya," celetuk dia.

Alexandre Polking dan timnas Thailand-nya akan melakoni pertandingan final leg kedua Piala AFF 2020 melawan Indonesia pada besok (1/1/2022) malam WIB. Dengan keunggulan empat gol di laga sebelumnya, Thailand dihadapkan pada pekerjaan mudah karena kalah pun mereka akan juara asalkan tidak lebih dari tiga gol.

"Kami tidak punya banyak waktu untuk latihan, jadi seluruh tim hanya fokus pada memulihkan diri secara fisik. Thailand memang punya keuntungan, tapi saya meminta para pemain agar tetap fokus karena segalanya belum berakhir," lugas Polking jelang Thailand vs Indonesia.

(rin/krs)

ADVERTISEMENT