Final Piala AFF 2020: Pesan Fakhri untuk Timnas Indonesia

Randy Prasatya - Sepakbola
Sabtu, 01 Jan 2022 15:22 WIB
Supachok Sarachat of Thailand, right, controls the ball against Rachmat Irianto of Indonesia during the AFF Suzuki Cup 2020 final first leg soccer match between Indonesia and Thailand in Singapore, Wednesday, Dec. 29, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Fakhri Husaini berikan pesan untuk pemain Timnas Indonesia. (Foto: AP/Suhaimi Abdullah)
Jakarta -

Timnas Indonesia menuju leg kedua final Piala AFF 2020 dengan modal kekalahan 0-4 dari Thailand. Pelatih Fakhri Husaini memberikan petuahnya untuk skuad Garuda.

Leg kedua Thailand vs Indonesia berlangsung di National Stadium, Sabtu (1/1/2021) malam WIB. Tim besutan Shin Tae-yong wajib menang 5-0 andai mau membalikkan keadaan dan menjadi juara.

Hal tersebut tampak seperti mission impossible untuk Indonesia. Thailand secara materi pemain lebih matang dan punya teknik bagus daripada Indonesia.

Pada akhirnya, sepakbola tak pernah menutup kemungkinan adanya kejutan. Fakhri Husaini, yang pernah menukangi Timnas Indonesia U-19 lantas memberikan pesan untuk Asnawi Mangkualam dkk.

"Semangat mengejar selisih gol, jangan sampai melalaikan pertahanan. Kontrol emosi, jangan terprovokasi. Selamat berjuang anak muda, semoga sukses. Bismillah," tulis Fakhri di akun Instagram pribadinya.

"Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan."

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sadar betul dengan kans juara timnya sangat kecil. Di sisi lain, dia berjanji timmnya akan berusaha mati-matian melakukan yang terbaik di leg kedua.

"Memang yang paling penting pemulihan fisik dan leg kedua harus menang dengan skor lumayan banyak. Tapi yang paling penting harus lebih tenang," ujarnya.

"Saya akan berusaha membuat suasana yang baik. Saya tidak bisa pastikan menang besar pada leg kedua, tetapi saya ingin para pemain mengeluarkan kemampuan terbaiknya," dia menambahkan.

Simak Video 'Mungkin Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Thailand dengan Cara Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(ran/aff)