Nilai Skuad Timnas Indonesia Kini Termahal Kedua di Asia Tenggara

Yanu Arifin - Sepakbola
Rabu, 05 Jan 2022 13:26 WIB
Indonesia players huddle during the AFF Suzuki Cup 2020 final first leg soccer match between Indonesia and Thailand in Singapore, Wednesday, Dec. 29, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. (Foto: Suhaimi Abdullah/AP)
Jakarta -

Penampilan Timnas Indonesia sepanjang Piala AFF 2020 membuat harga pasaran pemainnya meningkat. Skuad Garuda kini termahal kedua di Asia Tenggara.

Timnas Indonesia bisa sampai final Piala AFF 2020. Membawa tim muda, pelatih Shin Tae-yong mengantar Indonesia bisa sampai ke babak puncak.

Sepanjang turnamen, Indonesia memang tampil bagus. Keluar menjadi juara Grup B, mengungguli Vietnam dan Malaysia, tim Merah Putih kemudian menyingkirkan Singapura di babak empat besar.

Namun di final, Indonesia harus mengakui ketangguhan Timnas Thailand. Asnawi Mangkualam dkk dihajar 0-4 pada leg pertama, dan cuma bisa menahan imbang 2-2 pada leg kedua, Sabtu (1/1/2022). Indonesia harus puas menjadi runner up Piala AFF untuk ke-6 kalinya.

Meski kalah, para pemain Indonesia mengalami pelonjakan harga pasaran karena performanya. Diintip dari situs transfermarkt, skuad Indonesia menjadi tim dengan harga pasaran termahal kedua di Asia Tenggara.

Nilai total skuad Timnas Indonesia mencapai Rp 110,37 miliar. Harga skuad Indonesia cuma kalah dari Thailand, yang mencapai Rp 173,82 miliar.

Indonesia melewati Timnas Vietnam, yang bernilai Rp 93,43 miliar. Disusul Timnas Malaysia Rp 79,09 miliar, dan Timnas Filipina Rp 49,10 miliar.

Di skuad Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam menjadi pemain paling bernilai. Pesepakbola 22 tahun itu kini berharga Rp 6,52 miliar, disusul Ezra Walian, Evan Dimas, Pratama Arhan, dan kiper Nadeo Argawinata.

Sebelum turnamen, Indonesia cuma berada di bawah Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Namun karena penampilan di AFF, ada perubahan harga pasaran pemain.

Di kubu Thailand, pemain terbaiknya masih dipegang Chanathip Songkrasin. Kapten The War Elephants itu punya harga pasaran mencapai Rp 27,81 miliar, disusul Theeraton Bunmathan dengan Rp 15,61 miliar.

nilai skuad piala aff 2020 timnas indonesiaHarga pasaran tim peserta Piala AFF 2020. (Foto: screenshot Transfermarkt)
(yna/krs)