ADVERTISEMENT

3 Pemain Indonesia Berpeluang ke Luar Negeri, Siapa Susul Asnawi cs?

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 09 Jan 2022 15:45 WIB
SINGAPORE, SINGAPORE - DECEMBER 25: Pratama Arhan Alif Rifai #12 of Indonesia celebrates after scoring his teams second goal against Singapore during the second half of the second leg of their AFF Suzuki Cup semifinal at the National Stadium on December 25, 2021 in Singapore. (Photo by Yong Teck Lim/Getty Images)
3 Pemain Indonesia yang akan merantau ke luar negeri. (Foto: Getty Images/Yong Teck Lim)
Jakarta -

Tiga pemain Timnas Indonesia yakni Ricky Kambuaya, Pratama Arhan, dan Alfeandra Dewangga diklaim diminati klub luar negeri. Siapa yang bakal menyusul Asnawi Mangkualam Cs?z

Wacana mengirim pemain Indonesia keluar negeri makin hangat di tengah-tengah gelaran Piala AFF. Asnawi Mangkualam atau Witan Sulaeman yang main di luar negeri, dianggap punya peran signifikan.

Dengan skuad muda, Timnas Indonesia yang awalnya diremehkan malah bisa menembus babak final Piala AFF. Sontak, pemain-pemain yang bersinar pun dirumorkan bakal segera menyusul Asnawi atau Witan.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sendiri mengakui perah para pemainnya yang merantau. Ia juga berharap daftar pemain yang mengadu nasib di negeri orang bertambah.

"Memang hal ini sangat positif bagi Timnas Indonesia. Semoga ini bisa menjadi langkah yang baik bagi para pemain Timnas Indonesia," kata Shin Tae-yong saat mengomentari pengaruh pemain dari luar negeri untuk Timnas Indonesia, belum lama ini.

"Saya berharap para pemain Indonesia bisa bermain di luar negeri, di Liga Jepang, Liga Korea Selatan, hingga Eropa. Jadi, mereka bisa belajar budaya sepakbola di negara maju. Dengan begitu, pasti akan ada perkembangan untuk sepak bola Indonesia," ujar Shin Tae-yong.

Kambuaya, Dewangga, dan Arhan, diyakini menjadi kandidat terkuat. Kambuaya tak tergantikan di lini tengah, Dewangga bisa main lebih dari satu posisi, sementara Arhan menjadi favorit Shin Tae-yong di sektor bek kiri.

Adapun Kambuaya sudah mengaku siap menempa diri di negeri orang. Dia mau mengambil kesempatan saat tawaran datang kepadanya.

"Sejujurnya saya tidak pernah terbayang akan menjadi pemain terbaik di skuad Timnas Indonesia. Ini hanya berbicara tentang strategi saja dan saya mampu tampil baik dalam menjalankan strategi Coach Shin Tae-yong," tutur Kambuaya seusai final leg kedua Piala AFF.

"Kalau memang saya dibawa Coach Shin-Tae-yong ke luar, tentunya ini sangat baik bagi karier saya dan saya bersedia untuk bermain di luar negeri," kata pemain Persebaya Surabaya itu.

ADVERTISEMENT