Persebaya Vs PSM: Bajul Ijo Menang, Tembus Tiga Besar Liga 1

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 14 Jan 2022 22:43 WIB
Pesepak bola Persebaya Surabaya Taisei Marukawa (tengah) berselebrasi dengan rekan setim usai mencetak gol ke gawang PSM Makassar saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat (14/1/2022). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Para pemain Persebaya merayakan gol ke gawang PSM. Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF
Denpasar -

Persebaya Surabaya berhasil menundukkan PSM Makassar 2-1 di pekan ke-19 BRI Liga 1 musim ini. Hasil ini membuat skuad besutan Aji Santoso langsung merangsek ke tiga besar klasemen.

Bermain di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Jumat (14/1/2022), Persebaya sudah unggul saat laga belum genap tiga menit. Semua berawal dari kegagalan kiper PSM, Hilman Syah saat mengontrol backpass yang ia terima.

Samsul Arif mendekat dan coba merebut bola, namun Hilman malah melanggarnya di kotak penalti. Wasit pun menunjuk titik putih. Taisei Marukawa maju sebagai eksekutor, dan sukses menjebol gawang PSM.

Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, tekanan dari Persebaya tak berhenti. Tembakan Marselino Ferdinan di menit ke-46 berhasil dihalau oleh Hilman. Begitu pula dengan sepakan Marukawa pada menit ke-51.

Namun gol kedua Persebaya akhirnya hadir di menit ke-55. Marselino berhasil merebut bola dari kaki Hasim Kipuw, kemudian diambil Marukawa untuk melancarkan serangan balik.

Dengan jeli pemain asal Jepang itu mengembalikan bola kepada Marselino, yang dengan dingin menceploskan bola ke gawang PSM. Persebaya memimpin 2-0.

Hampir saja Marukawa menambah keunggulan Persebaya, andai sepakannya di menit ke-61 tak digagalkan oleh Hilman. Marselino juga melepaskan tembakan jarak jauh semenit berselang, namun namun Hilman tampil gemilang mengamankan gawangnya.

Nyaris! Bruno Moreira lolos dari jebakan offside dan melepaskan tembakan dari sudut kanan, tetapi bola masih melebar dari gawang PSM.

Tertinggal dua gol, Juku Eja belum menyerah dan coba mengejar. Anco Jansen memberi ancaman lewat sepakan jarak jauh di menit ke-76, tetapi berhasil diamankan kiper Persebaya, Andhika Ramadhani.

PSM berhasil menipiskan jarak di menit ke-84. Tembakan Rizky Eka berhasil ditepis Andhika lalu membentur tiang gawang. Bola muntah kemudian disambar Willem Jan Pluim dan sukses menyarangkan bola ke sudut kanan gawang.

Gol tersebut menambah semangat PSM. Menit ke-87, Ferdinan Sinaga mendapat umpan terobosan dan tinggal berhadapan dengan Andhika, namun sepakannya membentur kaki kiper 23 tahun itu.

Tak ada lagi gol yang tercipta hingga laga usai, dan Persebaya mengunci kemenangan 2-1. Tambahan tiga poin mengantarkan Bajul Ijo naik ke urutan ketiga klasemen sementara dengan 39 poin. Sementara PSM ada di urutan 11 dengan 23 poin.


Susunan pemain

Persebaya Surabaya: Andhika Ramadhani, Reva Adi (Frank Sokoy 85'), Arif Satria, Rizky Ridho, Ady Setiawan, Muhammad Hidayat (Ricky Kambuaya 57'), Muhammad Alwi (Rachmat Irianto 57'), Bruno Moreira, Marselino Ferdinan (Rendi Irwan 85'), Taisei Marukawa, Samsul Arif (Arsenio Jermaine 64').

PSM Makassar: Hilman Syah, Dallen Doke (Zulkifli Syukur 79'), Ganjar Mukti, Hasim Kipuw (Adam Mitter 64'), Abdul Rachman, Sutanto Tan (Delfin Rumbino 46'), Willem Jan Pluim, Muhammad Arfan, Yakob Sayuri (Rizky Eka 64'), Ferdinan Sinaga, Anco Jansen.

(adp/raw)