Madura United Terima Sertifikat Profesional AFC

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 23 Jan 2022 21:05 WIB
Madura United
Madura United mendapat lisensi klub profesional AFC. (Foto: dok.Madura United)
Jakarta -

Madura United mendapatkan pengakuan sebagai klub profesional. Laskar Sape Kerrab mendapatkan sertifikat dari AFC setelah memenuhi lima aspek utama versi AFC.

Sertifikat ini diberikan Konfederasi Sepakbola Asia buat klub yang memenuhi aspek utama profesionalisme. Selain pengakuan, klub yang memenuhi syarat itu juga bisa tampil di turnamen kontinental seperti Liga Champions Asia atau Piala AFC.

Bagi Madura United ini adalah kali keempat mereka mendapatkan pengakuan dari AFC. Untuk mendapatkan sertifikat ini terbilang tak mudah, karena ada banyak syarat yang harus dipenuhi klub.

"Ada lima aspek penting yang wajib dipenuhi klub, Kelima aspek tersebut, yakni adalah legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, serta sporting atau (pembinaan usia dini)," kata Manajer Madura United Zainal Hudha Purnama, dalam rilis klub.

Total ada sembilan klub Indonesia yang mendapatkan pengakuan profesional dari AFC. Mereka adalah; Arema FC, Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, PSM Makassar dan Madura United.

Adapun AFC memberi mandat verifikasi lisensi ini kepada PSSI lewat AFC Club Licensing. Tim dari lisensi klub PSSI mendatangi Madura United FC di Bali, untuk memberikan laporan sekaligus sertifikat AFC Licencing Club 2021, yang diterima langsung oleh manajer anyarnya Zainal Hudha Purnama.

"Kehormatan ini sangat berarti bagi Madura United FC dan saya secara khusus, mengingat dengan adanya sertifikat ini, jelas kami (Madura United) telah sangat siap musim depan dengan target tinggi," kata Zainal Hudha Purnama.

Sementara itu, Bali United dan PSM Makassar akan menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2022. Kebetulan keduanya berhak tampil karena lolos lisensi AFC.



Simak Video "Hadapi Ancelotti di Final Liga Champions, Klopp: Dia Panutan"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)