Indonesia Vs Timor Leste Tanpa Penonton, PSSI: Langkah Terbaik

Sui Suadnyana - Sepakbola
Rabu, 26 Jan 2022 16:17 WIB
Indonesia players huddle during the AFF Suzuki Cup 2020 final first leg soccer match between Indonesia and Thailand in Singapore, Wednesday, Dec. 29, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Foto ilustrasi timnas Indonesia (AP/Suhaimi Abdullah)
Badung -

Laga uji coba antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia Vs Timor Leste dalam FIFA Matchday diputuskan tanpa penonton. Kepastian itu didapatkan setelah ada pertemuan antara Polda Bali, PSSI, dan Satgas COVID-19 Provinsi Bali.

Polda Bali dan Satgas COVID-19 beralasan bahwa COVID-19 varian Omicron di Bali menunjukkan tren kenaikan. Mereka pun tak mau ambil risiko jika pertandingan digelar dengan penonton, seperti rencana sebelumnya

"Kami (PSSI) menyadari dan memahami masalah ini. PSSI sudah berkoordinasi dengan semua pihak terkait hal tersebut," kata Direktur Suporter PSSI Budiman Dalimunte dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Rabu (26/1/2022).

"Ini langkah terbaik untuk melindungi semua pemain, ofisial, panitia pelaksana, dan suporter sendiri terhadap varian omricon," tambahnya.

Budiman menambahkan, saat ini seri keempat BRI Liga 1 2021/2022 juga sedang berlangsung di Pulau Dewata. Maka pembatalan kehadiran penonton di laga uji coba Indonesia Vs Timor Leste juga demi melindungi semua pihak yang terlibat dalam Liga 1 2021/2022.

Budiman berharap pembatalan adanya kehadiran penonton di laga uji coba antara Indonesia melawan Timor Leste bisa dimaklumi. Ia pun menyatakan harapan akan adanya kehadiran penonton di laga-laga friendly berikutnya.

"Di atas semuanya itu ada masalah keselamatan yang lebih penting. FIFA Matchday penting, tetapi mentaati protokol kesehatan jauh lebih penting. Itu sebabnya prokes ketat plus tanpa penonton sebagai langkah yang tepat," kata dia.

"Mudah-mudahan di laga FIFA Matchday berikutnya bisa ada penonton. Itu pun dengan catatatn varian omricon terus menurun," pungkas Budiman.

Seperti diketahui, laga uji coba Timnas Indonesia kontra Timor Leste bakal berlangsung dua kali, yakni pada Kamis (27/1) dan Minggu (30/1) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali.

(krs/rin)