ADVERTISEMENT

Bagaimana Kekuatan Indonesia Tanpa Witan, Asnawi, Egy, dan Elkan?

Sui Suadnyana - Sepakbola
Rabu, 26 Jan 2022 17:08 WIB
Indonesia ke final Piala AFF 2020. Skuad Garuda melaju usai mengalahkan tuan rumah Singapura dengan skor 4-2 di semifinal leg kedua.
Foto: AP/Suhaimi Abdullah
Badung -

Lawan Timor Leste, Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan tanpa empat pemain yang merumput di luar negeri yakni Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam Bahar, Egy Maulana Vikri, dan Elkan Baggott. Bagaimana pengaruhnya?

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong menyebut bahwa keempat pemain tersebut punya pengaruh besar dalam tim, yang juga sudah tercermin dari gelaran Piala AFF lalu.

"Empat pemain yang disebut tadi memang sangat-sangat berpengaruh baik untuk tim kami. Sampai AFF Suzuki Cup, pemain ini ter-the best memang pemain inti. Jadi kalau dibicarakan pengaruhnya, mungkin pengaruhnya setengah dari full tim kami," ungkapnya," kata Shin Tae-yong saat konferensi pers di Trans Hotel Seminyak, Rabu (26/1/2022).

Seperti diketahui, empat pemain tersebut saat ini berkarier di luar negeri. Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri saat ini memperkuat FK Senika (Slowakia), Asnawi Mangkualam bermain untuk Ansan Greeners FC (Korea Selatan), dan Elkan Baggott bergabung dengan Ipswich Town FC (Inggris).

Shin Tae-yong sudah mengatakan tidak akan memanggil para pemain Indonesia yang merumput di luar negeri untuk Piala AFF U-23 2002 di Kamboja pada 14-26 Februari mendatang. Untuk itu, mereka pun tak masuk skuad di laga uji coba kali ini.

Shin Tae-yong dan Evan Dimas dalam Konferensi pers Timnas Indonesia jelang laga uji coba melawan Timor Leste di Trans Hotel SeminyakShin Tae-yong dan Evan Dimas dalam Konferensi pers Timnas Indonesia jelang laga uji coba melawan Timor Leste di Trans Hotel Seminyak. Foto: Sui Suadnyana/detikcom

Di sisi lain, Shin Tae-yong juga memanggil delapan pemain baru ke skuad. Mereka yang dipanggil semuanya berasal dari klub dalam negeri. Adapun pemain baru tersebut adalah Adi Satrio (Persik Kediri), Achmad Figo (Arema FC), Sani Rizky Fauzi (Bhayangkara FC), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Terens Puhiri (Borneo FC), M Rafli (Arema FC), Ronaldo Kwateh (Madura United), dan Bayu Fiqri (Persib Bandung).

Shin Tae-yong sendiri belum bisa memastikan apakah kedelapan pemain baru itu akan dapat kesempatan main di laga uji coba kontra Timor Leste. Ia hanya menyebutkan bahwa Ronaldo Kwateh dan Merselino bisa saja diturunkan jika ada kesempatan.

"Ronaldo (Kwateh) dan Marselino (Ferdinand) jika dapat kesempatan pastinya juga ingin diturunkan pemain tersebut. Untuk skuad (di dua pertandingan) pastinya bisa beda," terang Shin Tae-yong.

Sementara itu, salah satu pemain Timnas Indonesia Evan Dimas Darmono mengakui bahwa ia dan teman-temannya telah siap bermain kontra Timor Leste. Ia ingin memberikan permainan terbaik dalam laga tersebut.

"Saya sebagai pemain mewakili teman-teman semua siap untuk menjalani Timor Leste. Kami datang untuk menang. Dan bukan hanya memang, tapi ingin menunjukkan permainan yang terbaik," terang Evan Dimas.

(krs/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT