ADVERTISEMENT

Striker Thailand yang Ganyang Indonesia Dulunya Latihan di Kuil

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 27 Jan 2022 19:15 WIB
kanyanat chetthabutr timnas putri thailand
Foto: Instagram @kanyanat_24
Mumbai -

Kanyanat Chetthabutr menghancurkan Timnas Putri Indonesia di ajang Piala Asia Wanita 2022. Striker Thailand itu rupanya pernah berlatih di kuil.

Chetthabutr menjadi mimpi buruk Indonesia di ajang Piala Asia Wanita 2022. Bertanding di Stadion DY Patil Stadium, Navi Mumbai, India, striker 22 tahun itu bikin hat-trick ke gawang Indonesia.

Gol pertama dicetak Chettabutr pada menit ke-27, 36, dan 71. Kemenangan Thailand kemudian disempurnakan Dee Makris pada menit ke-76, yang bisa menjaga asa Thailand lolos ke putaran final Piala Dunia 2023.

Sorotan kemudian tertuju pada Chetthabutr. Striker Thailand itu dinilai menjadi juru gedor masa depan Timnas Putri Thailand.

Membela Chaba Kaew sejak 2018, Chettabutr memang punya memori bagus saat melawan Indonesia. Ia juga pernah bikin hat-trick ke gawang Indonesia di SEA Games 2019.

Berlatih di Kuil

Chetthabutr sendiri mengawali kariernya dengan penuh perjuangan. Bermain sepakbola sejak sekolah dasar, pemain yang membela Chonburi itu mengawali latihannya bukan di sekolah atau arena olahraga. Ia berlatih di kuil.

"Ada lapangan yang berlokasi di kuil dekat rumah saya. Jadi saya ke sana bersama teman untuk bermain sepakbola sepulang sekolah. Itu mulai membuat saya jatuh cinta pada sepakbola," katanya dilansir situs resmi FIFA.

Chettabutr kemudian bisa promosi ke tim lokal di usia 13 tahun. Kemudian, ia bisa promosi ke tim muda Thailand, sebelum memulai debutnya di tim senior pada usia 17 tahun.

Sebagai pesepakbola, Chetthabutr juga punya dua pemain idola. Mereka adalah bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo serta Edinson Cavani.

"Ronaldo adalah idola saya. Saya suka pada etos kerja dan dedikasinya pada sepakbola. Dia selalu menjaga dirinya bugar untuk klub dan negara. Cavani pemain favorit lainnya. Dia bisa memecah kebuntuan mencetak gol, dan sebagai striker, anda perlu insting seperti itu untuk memenangkan laga," jelasnya.

(yna/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT