ADVERTISEMENT

Indonesia Vs Timor Leste: Garuda Menang 3-0

Putra Rusdi K - Sepakbola
Minggu, 30 Jan 2022 20:59 WIB
Pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan (tengah) dihadang dua pemain Timnas Timor Leste Joao Bosco (kedua kanan) dan Dom Lucas (kiri) dalam pertandingan sepak bola Leg 2 FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Minggu (30/1/2022). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/foc.
Indonesia menang 3-0 atas Timor Leste (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Bali -

Timnas Indonesia mampu menumbangkan Timor Leste 3-0 dalam laga uji coba. Tiga gol Garuda lahir dari Terens Puhiri, Ramai Rumakiek, dan Ricky Kambuaya.

Indonesia menghadapi Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (30/1/2022) malam WIB. Ini merupakan uji coba kedua Indonesia dengan Timor Leste. Pada laga pertama, Tim Garuda berhasil menang 4-1.

Indonesia mengambil inisiatif menyerang di awal laga. Ancaman sudah berhasil dihadirkan pada menit ke-3.

Umpan Marselino Ferdinan dari sisi kanan dipantulkan Terens Puhiri ke Ricky Kambuaya. Ricky punya ruang di kotak penalti, tapi sepakannya terlalu lemah hingga mudah diamankan kiper Timor Lester Junildo Manuel.

Pada menit ke-5, Tim Merah Putih melancarkan serangan cepat dari Ricky. Ia melepas umpan terobosan terukur ke Terens.

Gol! Lewat kecepatannya Terens bisa menjangkau bola. Ia lalu memperdayai Janildo lewat sepakan chip untuk membawa Indonesia unggul 1-0.

Indonesia tak mengendurkan serangan. Setelahnya, Ramai Rumakiek melepas tembakan terukur dari luar kotak penalti. Namun, usahanya masih bisa ditepis Janildo.

Timor Leste yang berada dalam tekanan coba mengancam dari tendangan bebas Dom Lucas. Percobaannya masih bisa diredam Nadeo Argawinata.

Pada menit ke-11, Marcelino melancarkan tembakan terukur dari luar kotak penalti. Janildo tampil gemilang dengan terbang menepis bola.

Memasuki pertengahan babak pertama, Timor Leste mulai bisa lepas dari tekanan. Mereka juga meningkat pressing untuk tak memberi keleluasaan untuk Indonesia.

Meski demikian, Indonesia sempat mencuri peluang berawal dari kesalahan pemain Timor Lester di menit ke-35. Marselino yang mendapat bola menusuk ke kotak penalti lalu melepas tembakan. Janildo dengan baik masih bisa mengamankan percobaan Marselino.

Gol! Saat serangan Indonesia kerap buntu, Ramai beraksi lewat kemampuan individunya pada menit ke-41. Ia bergerak dari sisi kiri sebelum melepas sepakan kencang ke tiang dekat yang meluncur deras ke gawang Timor Leste.

Skor 2-0 untuk Indonesia bertahan hingga babak pertama tuntas.

Selepas jeda, tempo pertandingan melambat. Intensitas serangan Indonesia menurun hingga tak ada peluang berbahaya hingga pertengahan babak kedua.

Pada menit ke-70, Alfeandra Dewangga berusaha mencetak gol dari tendangan bebas jarak jauh. Bola masih terlalu ke tengah, Janildo tak terlalu kesulitan mengamankan bola.

Kebuntuan Indonesia kembali dipecah dari aksi individu. Kali ini, Ricky yang membuat perbedaan di menit ke-74.

Gol! Ricky berlari dari tengah lapangan melewati kejaran para pemain Timor Leste. Ia lalu melepas sepakan mendatar terukur ke pojok kiri gawang Janildo. Indonesia unggul 3-0.

Pada menit ke-75, Marselino punya peluang usai mendapat bola liar sepakan Ronaldo yang diblok. Namun, upaya pemain Marselino bisa diredam Janildo.

Timor Leste yang tak banyak menekan sempat punya peluang di menit ke-84 dari Paulo Gali. Ancaman Gali juga belum merepotkan penjaga gawang pengganti Ernando Ari karena masih melambung.

Indonesia menutup laga dengan kemenangan 3-0.

Susunan pemain

Indonesia: Nadeo Argawinata (Ernando Ari 74'); Bayu Fiqri, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan (Edo Febriansa 83'); Terens Puhiri,Rachmat Irianto (Achmad Figo 86'), Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek (Sani Rizki 83'), Ronaldo Kwateh (Dedik Setiawan 82')

Timor Leste: Junildo Manuel; Jaimito Antonio, Joao Bosco, Joao Panji, Tomas de Jesus (Gumario 46'), Yohanes Kapitan (Orcelio Nobelito 46'); Dom Lucas (Kornelis Partela 46'), Mouzinho Barreto, Paulo Gali (Anza Correira 84'), Elias Joao da Costa, Zenivio Morientes (Natalino de Jesus (63')

Simak Video 'Indonesia 2 Kali Taklukkan Timor Leste, Ricky Kambuaya: Masih Banyak PR':

[Gambas:Video 20detik]



(pur/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT