ADVERTISEMENT

Tekad Ronaldo dan Marselino Setelah Debut di Timnas Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 30 Jan 2022 16:37 WIB
Pemain Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh (kiri) dihadang oleh pemain Timnas Timor Leste Orcelio Nobelito dalam pertandingan sepak bola Leg 1 FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). Indonesia menang atas Timor Leste dengan skor 4-1. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp.
Debut Ronaldo Kwateh di timnas Indonesia saat lawan Timor Leste. (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Jakarta -

Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan tak lekas berpuas diri usai debut di Timnas Indonesia. Jika dapat kesempatan berikutnya, mereka bertekad main lebih baik.

Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan mencatat debutnya buat Timnas Indonesia saat jumpa Timor Leste pada, Kamis (27/1/2022). Keduanya diturunkan dan mencetak rekor sebagai pemain termuda yang debut buat Timnas Indonesia.

"Puji Tuhan, pertama saya sangat bersyukur kepada Tuhan, dan terima kasih juga kepada coach Shin (Tae-yong) yang mempercayakan saya bisa bermain di Timnas Senior. Semoga saya bisa lebih baik lagi di pertandingan selanjutnya," kata Ronaldo Kwateh dalam rilis PSSI.

"Pasti ada rasa nervous sedikit, tetapi perlahan nervous-nya semakin hilang. Semoga pertandingan selanjutnya tidak nervous lagi," ujarnya menambahkan.

Pada laga tersebut, Ronaldo Kwateh langsung memberikan impact. Ia menyumbang assist yang berbuah gol buat Ricky Kambuaya untuk mengubah skor menjadi imbang 1-1.

Setelah gol itu, Timnas Indonesia menambah tiga gol lagi sehingga akhirnya menang 4-1. Timnas Indonesia sempat tertinggal 0-1 dari Timor Leste.

Sementara itu, Marselino tak bermain selama Ronaldo Kwateh. Ia pun belum bisa memberikan kontribusi langsung buat Timnas Indonesia.

"Mungkin dari kami sendiri pressing terhadap lawan harus diperbaiki. Sentuhan dan adaptasi sudah berjalan baik," tutur Marselino Ferdinan.

"Semoga kami bisa berkembang lagi, semakin baik buat saya dan timnas. Jangan meremehkan Timor Leste, kami harus kerja keras lagi," ucap pemain Persebaya itu.

Ronaldo Kwateh yang merupakan anak dari Roberto Kwateh itu debut di tim Senior Indonesia saat berusia 17 tahun 3 bulan 8 hari pada menit ke-46. Sementara Marselino masuk menggantikan Evan Dimas pada menit ke-66, di usia 17 tahun 4 bulan dan 18 hari.

Keduanya menggeser rekor pemain debutan termuda buat Timnas Indonesia yang sebelumnya dipegang Asnawi Mangkualam. Saat debut, Asnawi berusia 17 tahun, 5 bulan, dan 17 hari.

Adapun Timnas Indonesia akan kembali beruji coba melawan Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Laga kedua ini akan digelar Minggu (30/1/2022) malam pukul 19.00 WIB.

(krs/pur)

ADVERTISEMENT