Marselino Ferdinan: Liga 1 Dulu, Susul Timnas U-19 ke Korea Kemudian

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 12 Mar 2022 16:20 WIB
Pesepak bola Persebaya Surabaya Marselino Ferdinan (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSIS Semarang Resky Fandi Witriawan (kanan) saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Rabu (2/2/2022). PSIS Semarang dan Persebaya Surabaya bermain imbang dengan skor 0-0. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.
Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF
Jakarta -

Marselino Ferdinan mau menyelesaikan BRI Liga 1 2021 sampai tuntas dengan Persebaya Surabaya. Setelah itu, ia baru akan menyusul Timnas Indonesia U-19 di Korea.

Timnas Indonesia U-19 berangkat ke Korea pada, Jumat (11/3/2022). Tak nampak Marselino Ferdinan dalam rombongan karena diizinkan menyusul.

Gelandang muda Persebaya memang tak pernah menampakkan batang hidungnya sejak Timnas U-19 menggelar Pemusatan Latihan (TC) di Jakarta. Adapun Timnas U-19 sudah berkumpul di Jakarta sejak awal Maret.

Absennya Marselino Ferdinan menjadi kerugian tersendiri buat Timnas U-19. Ia adalah salah satu pemain yang paling prospek dan berkembang bersama Timnas U-19 di usianya yang masih 17 tahun.

Maklum, ia sudah menjadi andalan dengan tampil reguler bersama Persebaya. Di BRI Liga 1 2021, Marselino sudah mencatat 22 penampilan dan mencetak empat gol.

Sementara Persebaya saat ini masih bersaing di jalur perebutan gelar juara Liga 1. Oleh karena itu, tim pelatih memaklumi absennya Marselino dan akan ditunggu untuk menyusul ke Korea.

"Kami diskusi dan menunggu perkembangan dari Persebaya karena mereka masih ada kans juara," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan kepada wartawan, Jumat (11/3/).

Tetapi Marselino bisa saja menyusul ke Timnas lebih cepat sebelum Liga 1 beres. Hal itu bisa terjadi andai peluang Persebaya untuk menjadi juara sudah tertutup.

Saat ini Persebaya menempati peringkat ketiga dengan torehan 58 poin. Mereka berjarak delapan angka dengan Bali United di puncak klasemen dengan 66 poin.

Secara matematis, Persebaya masih bisa mengejar perolehan poin Bali United. Dengan catatan terus meraih kemenangan sambil berharap Bali United dan Persib Bandung terpeleset.

"Tapi kan yang jelas tanggal 31 sudah selesai Liga 1, mungkin tanggal 27 (Maret) menyusul," ujar Iriawan.

Marselino Ferdinan bukan satu-satunya pemain yang tak bisa berangkat ke Korea. Pada akhirnya PSSI memberangkatkan 32 pemain yang diberangkatkan ke Negeri Ginseng.

"Total yang dipanggil ada 34 pemain, nanti Marcelino akan nyusul," ucap Iwan Bule, sapaan Iriawan.

(aff/raw)