Ganti Nama Lagi! PSG Pati, lalu AHHA PS PATI, Kini Bekasi FC

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 23 Mar 2022 17:08 WIB
Bekasi FC
Kronologi PSG Gresik sampai menjadi Bekasi FC. (Foto: dok.Instagram)
Jakarta -

PSG Pati, yang belum disahkan PSSI berganti nama ke AHHA PS Pati, kini sudah mengubah identitas lagi. Klub yang dimiliki Atta Halilintar itu menjadi Bekasi FC.

PSG melalui Atta mengumumkan bahwa mereka meninggalkan Pati dan pindah ke Bekasi. Nama baru pun dipilih yakni Bekasi FC, dengan logo AHHA PS Pati sebelumnya yakni Kuda Jingkrak.

"Bismillah. Kami menarik nama perusahaan kami (AHHA) atau nama kami untuk bisa fokus untuk kota Bekasi. Belum sempat namanya berubah Resmi menjadi AHHA PS, kami dengan Kerendahan hati ingin mencoba berjuang lagi di sepakbola Tanah Air dari Kota Bekasi," tulis Atta.

"Kami sepakat Nama Kota lebih tinggi dan lebih utama dari apapun. Karena setiap Kota punya pecinta sepakbola fanatik yang mau kotanya Maju berjuang bersama."

Keputusan pindah ke Bekasi disinyalir diambil karena PSG kemungkinan tak akan mendapat dukungan dari masyarakat Pati pada Liga 2 mendatang. Selain sempat mengubah nama menjadi AHHA, Pati pun kini punya perwakilan di Liga 2 2022 yakni Persipa Pati yang promosi dari Liga 3.

Adapun nama resmi klub saat ini masih sah diakui sebagai PSG Pati yang mengacu ke Kongres Biasa PSSI terakhir pada akhir Mei 2021. Tak lama setelah kongres itu tepatnya pada Bulan Juni, Atta dan Putra Siregar mengakuisisi klub dan mengubah namanya menjadi AHHA PS Pati.

Nama AHHA PS Pati tak diakui karena mengubah nama klub hanya bisa dilakukan di Kongres PSSI yang dilakukan setahun sekali. Alhasil nama klub yang tercantum dalam jadwal pertandingan maupun registrasi resmi adalah PSG Pati.

[Gambas:Instagram]

Hal itu tak menghentikan Atta dan Putra Siregar untuk memperkenalkan klub dengan branding AHHA PS Pati sebagaimana mereka gunakan di berbagai platform media sosial klub. Branding nama baru ini menjadi identitas klub pada gelaran Liga 2 2021.

Uniknya, PSG bermarkas di Jakarta (mess pemain) meski terdaftar sebagai klub asal Pati. Pati memang sudah diprediksi akan ditinggal PSG sejak kedatangan Atta dan Putra Siregar, terlebih Liga 2 dan juga Liga 1 tak menggunakan format kandang-tandang.

Setelah Liga 2 2021 beres, klub ini kini sudah berganti identitas lagi menjadi Bekasi FC. Pemilik klub memilih area Bekasi yang disiapkan menjadi markas dan kandang klub untuk Liga 2 musim 2022.

Artinya, belum genap setahun klub ini sudah berganti nama sebanyak tiga kali terhitung sejak Mei 2021. Meski untuk sementara waktu klub ini tetap terdaftar resmi sebagai PSG Pati, setidaknya sampai Kongres Biasa PSSI 2022.

Sebelum menjadi PSG Pati pun klub ini sudah berkali-kali mengubah identitasnya, terhitung sejak 2019 saat masih bernama PSG Gresik.

Kronologi PSG Gresik menjadi Bekasi FC

1. Putra Sinar Giri (PSG) Gresik (2019-2020)

Kompetisi: Liga 3 2019 dan Liga 2 2020

2. Putra Safin Group (PSG) Pati (Desember 2020)

PSG Gresik diakuisisi Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dan namanya menjadi PSG Pati
Kompetisi: Liga 2 2020

3. AHHA PS Pati*

Atta Halilintar (Youtuber) dan Putra Siregar dari PS Store masuk ke PSG Pati dan meluncurkan AHHA PS Pati pada 4 Juni 2021

Kompetisi: Liga 2 2021

Keterangan*: Nama branding yang tak diakui PSSI dan PT LIB

4. Bekasi FC*

Kompetisi: Liga 2 2022

Keterangan*: Nama branding yang belum sah diakui PSSI dan PT LIB

(cas/rin)