Menpora: Presiden Jokowi Selalu Nonton Liga 1 dan Liga 2 di TV

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 01 Apr 2022 10:30 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan keterangan pers menjelang pertandingan terakhir Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (31/3/2022). Menpora Zainudin Amali mengapresiasi suksesnya pelaksanaan Liga 1 2021/2022 pada masa pandemi COVID-19 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Menpora Zainudin Amali berbicara usai tuntasnya gelaran BRI Liga 1 2021. (Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta -

Lewat Menpora Zainudin Amali, Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan setelah berakhirnya gelaran BRI Liga 1 2021. Menpora menyebut Jokowi selalu menyaksikan kompetisi sepakbola Indonesia.

Pesan Jokowi disampaikan Menpora Zainudin Amali saat memberikan kata sambutan seusai laga pekan ke-34 Liga 1 antara Persik Kediri Vs Bali United. Laga ini sekaligus menjadi momen pengukuhan Bali United sebagai juara Liga 1, Kamis (31/3/2022).

Jokowi Nonton Liga 1

Diungkap Amali, sepakbola Indonesia mendapat perhatian serius dari Jokowi. Kesuksesan perhelatan Liga 1 juga tak terlepas dari dukungan orang nomor 1 Indonesia itu.

"Saya sampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo. Beliau menonton langsung pertandingan hari ini," kata Amali di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

"Beliau selalu nonton Liga 1 dan Liga 2 yang disiarkan televisi. Perhelatan liga 1 mendapat perhatian khusus oleh presiden Joko Widodo," ujarnya menambahkan.

Liga 1 beres dengan menjalankan 306 pertandingan yang melibatkan 18 klub. Sebelumnya Liga 1 sempat vakum selama 1,5 tahun lantaran tak mendapat izin dari pemerintah di masa pandemi COVID-19.

Restu Jokowi Kompetisi di Tengah Pandemi

Sempat terjadi tarik-ulur soal izin kompetisi setelah batalnya gelaran Liga 1 2020. Sementara Liga 1 musim 2021 baru bisa berjalan lagi pada pertengahan tahun.

Menurut Amali, izin penyelenggaraan Liga 1 berasal dari restu Jokowi. Dan terbukti kompetisi sepakbola bisa berjalan hingga tuntas di masa pandemi COVID-19.

Rencana awalnya Jokowi akan hadir pada seremoni juara Liga 1 sebagai undangan. Tapi pada akhirnya hal itu tidak bisa terwujud.

"Dia (Jokowi) memberi arahan kompetisi segera berjalan di tengah pandemi dengan tetapi dengan protokol kesehatan. Tentu ini dukungan beberapa beberapa pihak, Kapolri, Menkes, Satgas COVID-19, dan pihak terkait sehingga terlaksana kompetisi Liga 1," ucap Amali.

"Kompetisi ini diperlukan untuk sebagai tempat mengukur sejauh mana pembinaan sepak bola di tanah air. Akhir (muara) kompetisi adalah terbentuknya Timnas indonesia yang tangguh yang kita banggakan," ucapnya.

"Kompetisi sudah berjalan baik, mudah-mudahan kompetisi di masa akan datang lebih baik lagi dan harapan kita semoga musim depan sudah bisa disaksikan langsung oleh penonton di lapangan (stadion).

(krs/bay)