Persija Rombak 12 Ofisial Tim, Termasuk Sudirman dan Bepe

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 05 Apr 2022 11:20 WIB
Bambang Pamungkas Ternyata Jago Masak Mie hingga Steak
Persija Jakarta melakukan perombakan ofisial tim, Bambang Pamungkas dan Sudirman tercoret. (Foto: Instagram @bepe20)
Jakarta -

Persija Jakarta melakukan perombakan di sisi ofisial. Ada 12 orang yang kontraknya tak diperpanjang, termasuk Pelatih Sudirman dan Manajer Bambang Pamungkas.

Kegagalan Persija di BRI Liga 1 2021 benar-benar disikapi secara serius. Persija cuma menempati peringkat kedelapan pada klasemen akhir Liga 1.

Padahal manajemen sempat menargetkan Macan Kemayoran menjadi juara. Target itu sempat direvisi menjadi tiga besar saat berjalannya kompetisi karena start buruk Persija.

Kondisi itu direspons Persija dengan menjanjikan perombakan di tubuh tim. Ternyata bukan cuma pemain yang bakal diganti, para ofisial tim juga kena getahnya.

Tak tanggung-tanggung ada 12 orang yang tak diganjar kontrak baru setelah masa baktinya selesai di Persija Jakarta. Dari 12 orang itu, beberapa di antaranya adalah Sudirman dan Bambang Pamungkas.

Adapun 10 orang lainnya adalah Ilham Ralibi (pelatih fisik), Alberto Lungherini (pelatih fisik), Ahmad Fauzi (pelatih kiper), Ferdiansyah (video technical analysis), Muhammad Araaf Sidik (sekretaris tim), Donny Kurniawan (dokter), Muhamad Yanizar (fisioterapi), Sutisna (masseur), Ahmad Aditya Subkhi (masseur), dan Abdul Rahman Saleh (kitman).

"Kontrak kerja profesional ke-12 official tersebut memang telah berakhir sejak tanggal 31 Maret 2022," kata Presiden Persija Mohamad Prapanca dalam pernyataan resmi yang dirilis klub.

"Oleh karena itu, terlepas dari segala dinamika yang terjadi, saya selaku presiden klub ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk dedikasi dan loyalitas mereka semua kepada tim Persija. Sukses untuk mereka semua di mana pun berada musim depan," ujarnya menambahkan.

Dari nama-nama ofisial yang dilepas, beberapa di antaranya sudah lama berbakti di Persija. Sebut saja Ahmad Fauzi, Muhammad Yanizar, Ahmad Aditya, hingga Donny Kurniawan Subkhi.

Sebelumnya, Prapanca memang sudah menjanjikan perombakan dalam tubuh tim. Persija tak mau mengalami kegagalan lagi.

Gerak cepat pun sudah dilakukan dengan merekrut dua pemain baru. Firza Andika direkrut dari Tira Persikabo dan dikontrak tiga tahun. Lalu ada Hanif Sjahbandi yang didatangkan dan dikontrak dua tahun.

"Klub kebanggaan kita hanya mampu berada di posisi 8 di akhir musim. Sebuah pencapaian yang tentu sangat mengecewakan kita semua. Kami sadar tidak seharusnya tim sebesar Persija ada di posisi itu," tutur Prapanca.

"Perombakan menjadi sebuah keniscayaan dan darah-darah segar telah direkrut untuk memberi nuansa baru dalam menyambut musim yang akan datang," ucapnya.

(cas/aff)