Michael Salgado: IYC Jadi Bekal Indonesia ke Piala Dunia U-20

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 12 Apr 2022 17:17 WIB
International Youth Championship (IYC)
Foto: (Muhammad Robbani/detikSport)
Jakarta -

Legenda Real Madrid Michel Salgado jadi promotor International Youth Championship (IYC). Ajang ini disebut bagus untuk persiapan untuk Piala Dunia U-20 2023.

IYC 2022 akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, pada 13, 15, 17, dan 19 April. Ada empat peserta yang ambil bagian yakni Indonesia All Star U-20, Bali United U-18, Barcelona U-18, dan Atletico Madrid U-18.

Ajang ini sedianya digelar Desember tahun lalu, namun ditunda karena situasi COVID-19. Pada akhirnya ajang ini bakal tetap terlaksana, meski ada perbedaan tim karena Real Madrid U-18 memilih batal berpartisipasi.

Terlepas dari itu, Michel Salgado menyebut bahwa IYC bagus untuk semua pihak yang terlibat. Utamanya Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan.

"Awalnya turnamen ini seharusnya digelar Desember. Kami tetap kerja keras untuk mendapat menggelar ajang ini Bulan April," kata Michel Salgado saat memberikan keterangan pers, Selasa (12/4/2022).

"Kami mau menunjukkan dunia bahwa Indonesia siap untuk Piala Dunia U-20. Sebagai mantan pemain, saya mau main di JIS. Saya mau main di sini," ujarnya menjelaskan.

Sementara itu, Michel Salgado juga mengungkapkan alasan Real Madrid U-18 batal ikut serta. Tim muda dari mantan klubnya itu sebenarnya masih berminat untuk ke Jakarta.

Namun mereka sedang disibukkan dengan agenda lain. Panitia pada akhirnya mengganti Real Madrid U-18 dengan Bali United U-18.

"Mereka (Real Madrid) mau datang, tapi mereka akan main semifinal di kejuaraan lain. Edisi pertama turnamen ini Inter Milan ikut, saya mau buat turnamen ini semakin besar," tutur Salgado.

"Saya mau menggelar turnamen di Indonesia yang bisa membuat fans enjoy. Kami siapkan. Di negara ini pada Bulan Juni akan ada Piala Dunia U-20 sehingga FIFA bisa yakin bahwa Indonesia siap," ucapnya.

Sebagai informasi, Stadion JIS bukan salah satu dari enam stadion untuk Piala Dunia U-20. Namun ajang ini bisa menunjukkan bahwa Indonesia bisa menggelar event akbar sepakbola internasional.

"Dari awal target sudah kami jelaskan bahwa misi utama Jakarta dan Indonesia siap menyelenggarakan Piala Dunia," kata Project Director Jakpro Iwan Takwin.

(aff/yna)