ADVERTISEMENT

Kickoff Liga 1 Belum Tentu 27 Juli, Tunggu Keputusan di Kongres PSSI

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 26 Apr 2022 12:00 WIB
Logo Liga 1
Liga 1 2022/2023 belum tentu kickoff 27 Juli 2022. (Foto: detikcom/Agung Pambudhy)
Jakarta -

Kickoff Liga 1 2022/2023 belum tentu akan digelar mulai 27 Juli. Kepastian soal jadwal kompetisi baru baru bisa dipastikan pada Kongres Biasa PSSI 2022.

Kabar Liga 1 2022 akan digelar mulai 27 Juli pertama kali diutarakan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Tapi itu baru sebatas perencanaan, kemungkinan terjadi perubahan masih sangat terbuka lebar.

Saat ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) masih menyusun jadwal kompetisi musim baru. Jadwal kompetisi nantinya akan diatur sedemikian rupa untuk tak berbenturan dengan berbagai agenda lainnya.

"Untuk kompetisi, diputuskan di kongres. Kami sudah punya opsi tanggal sekian dan sekian. Jadi sebetulnya sudah kami buat," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (25/4/2022).

"Sebelum Ketua PSSI bicara (kickoff Liga 1) pada 27 Juli 2022, kami sudah punya perencanaan. Misalnya menyesuaikan dengan agenda FIFA seperti apa. Kami perkirakan Juli 2022 menjadi kick-off Liga 1," ujarnya menambahkan.

Jadwal kompetisi Liga 1 terbilang ideal jika nantinya jadi digelar Bulan Juli. Potensi penundaan laga karena agenda Timnas Indonesia dan hajatan politik bisa diminimalisir sedemikian rupa.

Selama ini, jadwal padat hampir selalu menghiasi kompetisi dalam negeri. Penyebabnya karena kickoff kerap molor, sebagai zaman yang juga terjadi pada BRI Liga 1 2021.

Selain itu, kickoff Liga 1 pada pertengahan tahun juga sejalan lurus dengan turnamen-turnamen di bawah naungan AFC. Mulai musim 2023, Liga Champions Asia dan Piala AFC juga akan digelar pada pertengahan tahun selayaknya di Eropa.

"Tanggal kick-off Liga 1 dari PSSI dan diserahkan ke kami. Nanti kami sesuaikan dengan jadwal perjalanan kompetisi ke depan," ucap Lukita.

"Tanggal kick-off Liga 1 dari PSSI dan diserahkan ke kami. Nanti kami sesuaikan dengan jadwal perjalanan kompetisi ke depan. Jangan sampai nanti bentrok dengan jadwal Timnas Indonesia," tuturnya.

(cas/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT