Turnamen Pramusim Liga 1 Mungkin Digelar di Kaltim atau Jatim

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 26 Apr 2022 20:00 WIB
Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru Sudjarno menjelaskan sistem semi bubble  to bubble di Liga 1 2020/2021.
Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru Sudjarno. Foto: detikcom/Lucas Aditya
Jakarta -

Turnamen pramusim akan lebih dulu digelar sebelum gelaran Liga 1 2022. Lokasinya sedang dipertimbangkan, antara Kalimantan Timur atau Jawa Timur.

Liga 1 rencananya akan kickoff pada 27 Juli, meskipun masih bisa berubah sesuai hasil di Kongres PSSI 2022. Sementara turnamen pramusim akan digelar pada bulan Juni.

PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi, sedang menyiapkan berbagai hal terkait turnamen pramusim, termasuk lokasi penyelenggaraan. Selain itu, belum diputuskan juga titel turnamen yang biasanya menggunakan tajuk Piala Presiden dan Piala Menpora.

"Ada tempat tertentu yang kami pikirkan. Selama ini kami belum memberikan jatah ke daerah luar Pulau Jawa. Misalnya nanti ada satu grup di Kaltim," kata Direktur Operasional PT LIB Sudjarno kepada wartawan, Senin (25/4/2022).

"Ini usulan kami ke PSSI. Kami belum memberikan kesempatan ke daerah di Pulau Jawa misalnya di Jatim. Ini sedang kami rumuskan dan komunikasikan dengan PSSI. Nantinya konsep yang akan kami presentasikan ke PSSI seperti itu," ujarnya menambahkan.

Sementara Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita menyebut bahwa turnamen pramusim tetap akan menyertakan klub-klub Liga 1. Tetapi tak ada kewajiban bagi para klub untuk ambil bagian.

"Kami sedang mencari tanggalnya mungkin pada pertengahan Juni 2022. Kami juga sedang menjalin komunikasi dengan sponsor. Untuk titel turnamen itu, ranahnya PSSI," tutur Lukita.

"Pesertanya dari Liga 1. Jika klub tidak bermain, tidak ada sanksi apapun. Sifatnya undangan. Kami baru akan menjalin komunikasi dengan setiap klub untuk memberitahu kemungkinan ada turnamen pramusim jika klub bersedia ikut," ucapnya.

(krs/raw)