Thailand Klaim Lebih Jago Menyerang dan Bertahan ketimbang Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 19 Mei 2022 12:40 WIB
Thailands head coach Alexandre Polking (L) celebrates after his team won the first leg of the AFF Suzuki Cup 2020 football semi-final match against Vietnam at the National Stadium in Singapore on December 23, 2021. (Photo by Roslan RAHMAN / AFP)
Pelatih Thailand Alexandre Polking . Foto: AFP/Roslan Rahman
Jakarta -

Pelatih Thailand Alexandre Mano Polking mengklaim timnya punya kelebihan dalam dua hal ini, dibandingkan dengan Timnas Indonesia U-23: Gajah Putih bisa menyerang dan bertahan lebih baik.

Thailand akan melawan Timnas U-23 di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). Kedua tim sama-sama berambisi lolos ke final untuk merebut medali emas SEA Games 2021.

Polking sebelumnya menyebut bahwa Timnas U-23 adalah pesaing terberat Thailand di SEA Games. Meski begitu, ia juga yakin timnya bisa mengatasi perlawanan Timnas U-23.

"Timnas U-23 Thailand dan Indonesia punya perbedaan besar. Mayoritas pemain Indonesia ikut di Piala AFF (2020). Sementara Thailand cuma ada Weerathep Pomphan. Kebanyakan pemain kami tak punya pengalaman dari usia 19 atau 20 tahun," kata Polking, dikutip dari media Vietnam Zingnews.

"Kami mencetak 1 gol lebih banyak dan juga kebobolan lebih sedikit ketimbang Indonesia. Tapi yang lebih penting adalah kami harus menunjukkan gaya kami, menekan, mengatur ritme, dan mempertahankan penguasaan bola," ujarnya menambahkan.

Terkait ucapan Polking, Thailand memang menjadi tim tersubur dan paling minim kebobolan di fase grup SEA Games 2021. Mereka mencetak 12 gol dan cuma kebobolan dua gol (+10).

Sementara Timnas Indonesia U-23 mencetak 11 gol, tapi kebobolan 5 gol (+6). Perjalanan Garuda Muda di fase grup tak semulus Thailand dalam merebut tiket ke semifinal.

Meski begitu, Polking tetap menilai Indonesia wajib diwaspadai. Apalagi tim asuhan Shin Tae-yong dinilainya punya kekompakan karena telah lama bermain bersama.

"Mereka diisi pemain-pemain muda, tapi cukup kuat di turnamen U-23 ini. Mereka sangat muda tapi sudah menggunakan seragam timnas. Itulah kenapa saya menilai mereka lawan terkuat," ucap pelatih berdarah Jerman-Brasil itu.

(krs/mrp)