Lawan Timnas Indonesia U-23, Thailand Diuntungkan Hal Ini

ADVERTISEMENT

Lawan Timnas Indonesia U-23, Thailand Diuntungkan Hal Ini

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 19 Mei 2022 13:20 WIB
NAM DINH, VIETNAM - 2022/05/09: Patrik Gustavsson (R) and Benjamin Jame Davis of Thailand celebrate a goal during the Sea Games 2022 Group B match between Thailand and Singapore at the Thien Truong Stadium.
(Final score; Thailand 5:0 Singapore). (Photo by Amphol Thongmueangluang/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)
Timnas Thailand U-23 di SEA Games 2021. Foto: SOPA Images/LightRocket via Gett/SOPA Images
Jakarta -

Thailand akan menghadapi Timnas Indonesia U-23 di semifinal SEA Games 2021 yang digelar di Stadion Thien Truong. Gajah Putih sudah terbiasa main di venue itu.

Laga semifinal antara Thailand dan Timnas U-23 akan digelar pada Kamis (19/5/2022) sore WIB. Thailand sebagai juara Grup B berjumpa dengan Indonesia yang merupakan runner-up Grup A.

Bagi Thailand, mereka tak perlu beradaptasi dengan venue baru saat melawan Indonesia nanti. Sebab, mereka sudah familiar dengan Stadion Thien Truong di Nam Dinh, yang merupakan tempat mereka memainkan semua laga fase grup.

Sementara Indonesia sebelumnya memainkan semua laga fase grup di Stadion Viet Tri, Phu Tho. Ketentuannya, tim yang menjadi juara grup memang tetap bermain di venue yang sama saat turnamen masuk babak semifinal.

"Sekarang sudah babak semifinal, siapapun lawannya sama saja. Karena tim yang melaju ke babak ini pasti bagus," kata Pelatih Thailand Alexandre Mano Polking, dikutip dari media Thailand Siamsport.

"Tapi yang penting adalah kami juara grup sehingga tak usah pindah ke tempat lain. Bagus buat kami untuk tetap bermain di tempat yang sama dan bermain semifinal di sini," ujarnya.

Garuda Muda sudah meninggalkan Kota Phu Tho, pada, Senin (16/5), atau sehari setelah laga terakhir fase grup melawan Myanmar, Minggu (16/5). Dijelaskan Shin Tae-yong, timnya menempuh perjalanan selama hampir tiga jam saat untuk tiba di Kota Nam Dinh.

Meski begitu, Garuda Muda punya waktu istirahat yang lebih panjang ketimbang Thailand. Karena laga terakhir Grup B digelar pada 16 Mei, atau sehari setelah laga terakhir Grup A pada 15 Mei.

Terlepas dari itu, Polking menilai laga timnya melawan Indonesia akan berjalan menarik. Kedua tim nilainya sama-sama kuat.

"Indonesia punya pemain keturunan yang main di luar negeri. Contohnya Asnawi yang main di Liga Asia (Korea). Dia pemain bagus yang bisa menjadi pembeda, tapi sedang menjalani hukuman (akumulasi kartu)," tutur Polking.

"Tapi kami juga punya pemain bagus, salah satunya Ben Davis. Dan masih ada lagi yang main di luar negeri untuk menambah pengalaman dan itu sangat penting buat atlet," ucapnya.

(krs/aff)

ADVERTISEMENT