Piala AFF Ganti Nama Mulai Tahun 2022

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 24 Mei 2022 18:00 WIB
trofi Piala AFF
Piala AFF berubah nama karena ganti sponsor. (Foto: AFF Cup)
Jakarta -

Perusahaan Jepang Mitsubishi menjadi sponsor baru gelaran Piala AFF. Mulai 2022 ini, nama turnamen resmi berganti menjadi Piala AFF Mitsubishi Electric.

AFF dalam keterangan resminya menyebut bahwa Mitsubishi berhak atas segala hak komersial Piala AFF. Hal ini akan mulai berlaku pada gelaran Piala AFF 2022 yang rencananya akan digelar pada Bulan Desember.

Kedatangan sponsor baru ini sekaligus mengakhiri kebersamaan Suzuki yang sudah cukup lama bermitra dengan AFF. Suzuki sudah menjadi nama title Piala AFF sejak 2008.

"Saya sangat bangga Mitsubishi Electric menjadi title sponsor baru kami. Dengan Piala AFF akan menggelar edisi ke-14, kami harus terus berinovasi untuk bersaingan dengan tantangan masa depan," kata Presiden AFF Khiev Sameth.

"Tujuannya adalah terus membangun dan mengembangkan sepakbola regional (ASEAN), lewat gelaran Piala AFF, yang menjadi misi Mitsubishi. Kerja sama ini menandakan era baru dan saya sangat optimistis membangun dan mengangkat sepakbola regional bersama," ujarnya.

Mitsubishi tercatat sebagai sponsor ketiga Piala AFF. Sebelumnya AFF sudah pernah bermitra dengan Tiger dan Suzuki.

Sejauh ini AFF belum memberikan kepastian soal jadwal Piala AFF 2022. Induk badan sepakbola ASEAN itu baru merencanakan Piala AFF akan digelar Desember 2022-Januari 2023.

Thailand saat ini berstatus sebagai juara bertahan setelah mengalahkan Timnas Indonesia di partai final. Gajah Putih menang agregat 6-2 berkat kemenangan 4-0 di leg pertama dan 2-2 di leg kedua.

(cas/nds)