Shayne Pattynama Akan Jalani Proses Naturalisasi di Jakarta

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 24 Mei 2022 19:45 WIB
OSS, NETHERLANDS - JANUARY 16: Shayne Pattynama of Telstar celebrates 0-1 during the Dutch Keuken Kampioen Divisie  match between TOP Oss v Telstar at the Frans Heesen Stadium on January 16, 2021 in Oss Netherlands (Photo by Photo Prestige/Soccrates/Getty Images)
Shayne Pattynama akan ke Jakarta untuk merampungkan proses naturalisasi. (Foto: Getty Images/Soccrates Images)
Jakarta -

Shayne Pattynama akan menjadi pemain ketiga yang akan menjalani proses naturalisasi di Jakarta. Pemain asal Belanda itu dijadwalkan tiba pekan depan.

Shayne dijadwalkan menjalani beberapa agenda terkait proses naturalisasinya di Indonesia. Berbagai agenda yang akan dijalaninya tak jauh berbeda dengan Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Pemain Viking FK yang berlaga di kompetisi tertinggi Norwegia ini akan melakukan beberapa kegiatan seperti kunjungan ke Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, wawancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara (BIN), hingga menjalani tes kesehatan.

"Shayne sudah konfirmasi akan datang untuk memenuhi rangkaian agenda terkait proses naturalisasinya," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi, dalam keterangan federasi.

"Pemerintah melalui Kemenpora dan Kemenkumham sangat membantu semua proses ini. Semoga semua kelengkapan dokumen yang dibutuhkan bisa terpenuhi," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan terkait proses naturalisasi yang sama telah dijalani oleh Jordi Amat dan Sandy Walsh pekan lalu. Keduanya pun sudah menyelesaikan agenda dengan kooperatif dan memenuhi semua dokumen penting yang kemudian sudah diserahkan secara resmi ke Kemenkumham dengan status lengkap.

Sebagai informasi, Shayne Pattynama berposisi sebagai bek kiri. Musim ini ia sudah mencatat sembilan penampilan di Eliteserien atau kompetisi level tertinggi sepakbola Norwegia 2022.

Sebelum bergabung ke Viking pada 2021, pemain kelahiran 1998 itu bermain di dua klub Eerste Divisie atau kompetisi level 2 di Belanda. Shayne bermain di Jong Utrecht pada 2017-2019 lalu Telstar pada 2019-2021.

(cas/krs)