ADVERTISEMENT

PSSI Belum Bisa Janji Gelar Piala Indonesia Lagi

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 01 Jun 2022 15:40 WIB
Trofi Piala Indonesia
Trofi Piala Indonesia 2019. Foto: Amalia Dwi Septi/detikSport
Jakarta -

Saat ini PSSI tak bisa berjanji akan kembali menyelenggarakan Piala Indonesia. Turnamen yang biasanya menjadi pendamping kompetisi utama itu kali terakhir digelar pada 2019.

"Piala Indonesia akan dikaji setelah Liga 1 jalan," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan kepada wartawan di Bandung.

Lazimnya, sebuah klub minimal bermain di dua ajang domestik yakni kompetisi liga dan cup (piala). Tapi di Indonesia, klub cuma berkesempatan bermain di liga saja dalam beberapa tahun terakhir.

Menengok ke tetangga, Malaysia konsisten menggelar tiga ajang sekaligus dalam semusim buat klub. Ada kompetisi (Liga Super, Liga Primer), Piala Malaysia, dan Piala FA Malaysia.

Sebenarnya Indonesia sempat punya gelaran Piala Indonesia. Tapi penyelenggaraannya tidak konsisten karena tak selalu dihelat dalam satu musim kompetisi.

Sejak digelar pada 2005 untuk pertama kalinya, Piala Indonesia sempat absen pada musim 2009/10, 2011/12, 2013-2017, 2019-kini. Sejak terakhir kali digelar pada 2019, belum ada tanda-tanda akan digelar lagi.

PSM Makassar menjadi yang terakhir menjadi juara Piala Indonesia pada edisi 2018-2019. Saat itu turnamen seharusnya beres 2018, tapi molor sampai 2019.

PSSI mendapat banyak kritik karena terkesan enggan menggelar Piala Indonesia dari kalangan pecinta sepakbola tanah air. Terutama setelah melihat keseriusan mereka dalam menggodok turnamen pramusim menjelang musim 2022.

Di media sosial, tak sedikit yang menyarankan PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk meniadakan turnamen pramusim karena bisa digelar klub sendiri. Ketimbang pramusim, mereka menyarankan regulator dan operator untuk menyelenggarakan Piala Indonesia lagi.

(krs/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT