5 Data-Fakta Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

ADVERTISEMENT

5 Data-Fakta Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Lucas Aditya - Sepakbola
Rabu, 15 Jun 2022 12:05 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Witan Sulaeman (kiri) dan Pratama Arhan (kanan) berselebrasi usai membobol gawang Timnas Nepal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Kuwait, Selasa (14/6/2022). Indonesia menang dengan skor 7-0 atas Nepal sekaligus memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia 2023 sebagai runner up terbaik. ANTARA FOTO/Humas PSSI/app/aww.
5 data-fakta Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. (Foto: ANTARA FOTO/HUMAS PSSI)
Jakarta -

Timnas Indonesia sudah mengamankan satu tiket ke Piala Asia 2023. Berikut 5 data-fakta usai Skuad Garuda lolos ke putaran final pesta sepakbola di Asia.

Indonesia memetik kemenangan besar 7-0 atas Nepal saat di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait, Kamis (15//6/2022) dini hari WIB. Dengan tambahan tiga poin ini, skuad asuhan Shin Tae-yong pun mengunci posisi runner-up Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan raihan enam poin.

Witan Sulaeman membukukan dua gol dalam laga itu. Gol Indonesia lainnya dikemas oleh Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, dan Marselino Ferdinan. Berikut ini sajian data-fakta selepas Indonesia lolos lagi ke Piala Asia.

1. Indonesia Tim Paling Produktif di Grup A

Indonesia mampu membukukan sebanyak sembilan gol di Kualifikasi Piala Asia 2023. Dengan catatan itu, Witan Sulaeman cs menjadi tim yang paling produktif di Grup A.

Tim juara grup, Yordania, hanya bisa membukukan enam gol dalam tiga laga. Kemenangan dengan margin paling sedikit dari Yordania dicatatkan saat melawan Indonesia, skornya 1-0.

Witan Sulaeman menjadi pemain Indonesia paling tajam. Pemain asal Palu itu mencetak dua gol untuk Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia sukses meraih tiket ke Piala Asia 2023 usai menaklukkan Nepal. Hasil itu diraih usai Timnas Indonesia tumbangkan Nepal 7-0.Timnas Indonesia sukses meraih tiket ke Piala Asia 2023 usai menaklukkan Nepal. Hasil itu diraih usai Timnas Indonesia tumbangkan Nepal 7-0. Foto: ANTARA FOTO/HUMAS PSSI

2. Indonesia Lolos ke Piala Asia Lagi Setelah 15 Tahun

Terakhir Indonesia lolos ke Piala Asia pada 2007. Saat itu, Indonesia menjadi tuan rumah bersama Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Setelah itu, Indonesia gagal lolos dalam tiga edisi lainnya. Pada Piala Asia 2011 dan 2015, Indonesia gagal lolos dari babak kualifikasi.

Sementara pada 2019, Indonesia tak berpartisipasi di babak kualifikasi karena mendapat sanksi FIFA.

Pada kiprah terakhir di Piala Asia, Indonesia finis ketiga di fase grup. Indonesia mengumpulkan tiga poin hasil dari tiga kali bertanding, hasil dari sekali menang dan dua kali tumbang.



Simak Video "Akting Kocak Shin Tae-yong Bintangi Iklan Makanan Khas Korea"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT