ADVERTISEMENT

Indonesia Berpeluang Masuk Grup Neraka di Piala Asia 2023

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 15 Jun 2022 18:20 WIB
Timnas Indonesia sukses meraih tiket ke Piala Asia 2023 usai menaklukkan Nepal. Hasil itu diraih usai Timnas Indonesia tumbangkan Nepal 7-0.
Indonesia lolos ke PIala Asia 2023. Foto: ANTARA FOTO/HUMAS PSSI
Jakarta -

Indonesia berpeluang masuk grup neraka di Piala Asia 2023. Skuad Garuda kemungkinan akan ditempatkan di pot empat, sebab memiliki peringkat FIFA paling rendah dibandingkan kontestan lain.

Undian grup Piala Asia 2023 sebenarnya baru digelar tahun depan. Maklum saja, sebab turnamen sepakbola terakbar di benua kuning itu pun baru akan dimulai pada 16 Juni 2023, atau setahun dari sekarang.

Namun tak ada salahnya jika kita mulai meraba siapa calon lawan Indonesia di turnamen. Melihat cara AFC melakukan pembagian pot selama babak kualifikasi, undian Piala Asia 2023 nanti mungkin juga akan memakai ranking FIFA sebagai acuan.

Itu artinya, 24 negara akan dibagi ke dalam empat pot berbeda berdasarkan peringkat FIFA, dan dari sana undian bisa dimulai, dengan satu negara dari masing-masing pot akan tergabung dalam satu grup yang sama.

Perlu diingat, ranking FIFA masing-masing negara peserta saat undian dimulai nanti mungkin sudah berubah dibandingkan saat ini. Faktor tuan rumah (belum ditentukan saat ini) yang akan ditempatkan di pot 1 juga belum diperhitungkan. Namun prediksi pembagian grup tetap bisa kita lakukan.

Menilik ranking FIFA dari 24 negara yang lolos, Indonesia (peringkat 159) akan berada di pot 4 bersama India (106), Thailand (111), Tajikistan 114), Hong Kong (147), dan Malaysia (154).

Sementara pot 3 akan diisi Bahrain (89), Yordania (91), Kyrgyzstan (95), Vietnam (96), Lebanon (97), dan Palestina (100). Lalu pot 2 diisi oleh Uni Emirat Arab (68), Irak (72), Oman (75), China (77), Uzbekistan (83), dan Suriah (88).

Terakhir, pot 1 akan diisi negara-negara kuat seperti Qatar (51), Arab Saudi (49), Australia (42), Korea Selatan (29), Jepang (23), dan Iran yang berada di peringkat 21 FIFA, tertinggi di antara negara-negara Asia.

Dari sini, bisa diperkirakan jika Indonesia akan bertemu lawan-lawan kuat di Piala Asia 2023. Bahkan negara-negara di pot 3 pun bukan terbilang mudah.

Seperti Bahrain dan Yordania misalnya, Indonesia punya rekor pertemuan yang lebih buruk, artinya lebih sering kalah saat bertemu. Hal serupa juga berlaku untuk negara-negara di pot 1 dan 2.

Artinya, apapun hasil undian nanti, Indonesia akan menghadapi lawan berat. Misalnya, satu grup dengan Jepang, Irak, dan Bahrain. Atau tergabung dengan Australia, China, dan Palestina. Atau mungkin saja bertemu Arab Saudi, Uzbekistan, dan Lebanon. Semuanya baru terungkap tahun depan.



Simak Video "Timnas Indonesia Karantina Cuma 5 Hari, Ini Alasan Ketum PSSI"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT