ADVERTISEMENT

Witan Sulaeman: Terima Kasih Tim Pelatih Bawa Timnas ke Piala Asia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 15 Jun 2022 19:00 WIB
Timnas Indonesia sukses meraih tiket ke Piala Asia 2023 usai menaklukkan Nepal. Hasil itu diraih usai Timnas Indonesia tumbangkan Nepal 7-0.
Witan Sulaeman: Terima Kasih Tim Pelatih Bawa Timnas ke Piala Asia. (Foto: ANTARA FOTO/HUMAS PSSI)
Jakarta -

Witan Sulaeman mengucapkan rasa terima kasihnya ke staf pelatih Timnas Indonesia. Garuda akhirnya bakal ikut Piala Asia lagi setelah absen dalam tiga edisi terakhir.

Timnas Indonesia bakal tampil di Piala Asia 2023 sebagai salah dari total 24 peserta. Kepastian ini diraih setelah Timnas Indonesia meraih kemenangan 7-0 atas Nepal pada laga kualifikasi terakhir, Rabu (15/6/2022).

Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia memperoleh enam poin dari tiga kali bertanding. Rinciannya, enam angka dengan selisih gol +7 (cetak gol 9, kebobolan 2 gol) membuat Timnas Indonesia menempati peringkat kedua di antara para runner-u kualifikasi.

Garuda dengan skuad mudanya memperbaiki nasib sial para seniornya yang gagal membawa ke Piala Asia edisi 2011, 2015, dan 2019. Bagi Witan Sulaeman, keberhasilan ini tak terlepas dari arahan tim pelatih yang dipimpin Shin Tae-yong.

"Saya hanya bisa mengucap alhamdulillah dan terima kasih kepada staf pelatih sudah membawa kami ke Piala Asia," kata Witan, dalam pernyataan yang dirilis PSSI.

"Kemenangan (kontra Nepal) ini sangat penting. Karena kami bisa lolos ke Piala Asia. Semua sangat senang. Bagi saya, hasil pertandingan ini berkat kerja keras tim. Kami semua sama-sama bekerja keras dan berhasil meraih kemenangan," ujarnya.

Adapun Timnas Indonesia terakhir kali tampil pada edisi 2007. Saat itu Indonesia menjadi tuan rumah bersama Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Menariknya, empat wakil ASEAN yang menjadi tuan rumah Piala Asia 2007 juga lolos ke Piala Asia 2023. Tapi edisi mendatang lebih baik karena mereka semua lolos dari kualifikasi, bukan dari jalur sebagai tuan rumah.

"Saya tidak tahu kapan persisnya terakhir kali Indonesia lolos ke Piala Asia. Terlepas dari status tuan rumah di edisi 2007," tutur Shin Tae-yong.

"Meski begitu, kami akan berkembang lebih jauh dan lebih tinggi. Ketika kami berlaga tahun depan, kami akan siap untuk menunjukkan kekuatan yang kami bangun di turnamen tersebut," ucapnya.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT