ADVERTISEMENT

Shin Tae-yong Dipinang PSSI Saat Timnas Indonesia Sedang Buruk-buruknya

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 28 Jun 2022 18:40 WIB
Jakarta -

Shin Tae-yong menerima tawaran melatih Timnas Indonesia pada momen yang kurang bagus. Skuad Garuda sedang menjadi bulan-bulanan lawan di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pada Januari 2020, Indonesia mencari pelatih untuk mempersiapkan Timnas Indonesia U-19 berlaga di Piala Dunia U-20. Saat itu, Luis Milla juga kembali didekati oleh PSSI.

Pertemuan pertama dengan Shin Tae-yong bahkan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Momen itu terjadi disela laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada 19 November 2019, Shin Tae-yong disuguhi kekalahan Indonesia dari Malaysia dengan skor akhir 0-2. Indonesia kalah lima kali beruntun di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Hasil itu tak memengaruhi Shin Tae-yong untuk menerima tawaran PSSI. Bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-ming, juga memberi dukungan untuk Shin Tae-yong agar menjadi gaffer tim Merah-Putih.

"Ketika saya menerima tawaran dari PSSI, waktu itu memang Timnas Indonesia baru lima kali kalah beruntun di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Saat itu saya datang langsung ke Malaysia bertemu PSSI, sekalian menonton langsung pertandingan Malaysia melawan Timnas Indonesia di Kuala Lumpur," kata Shin Tae-yong dalam perbincangan dengan detikSport.

"Saat itu saya melihat Timnas Indonesia tak lebih baik dari yang sudah saya dengar sebelumnya. Tetapi saya ingat sepakbola Indonesia sempat bagus, jadi dengan membayangkan itu saya mau membangunnya menjadi lebih baik (lalu menerima tawaran PSSI)," kata pelatih 51 tahun itu.

Shin Tae-yong menunjukkan kinerja yang bagus di Timnas. Sebanyak 21 pertandingan sudah dijalani, ada 11 kemenangan, 5 hasil imbang, dan 5 kekalahan yang ditelan. Timnas dibawa mencapai posisi runner-up Piala AFF 2020.

Peringkat FIFA Indonesia dikatrol oleh Shin Tae-yong. Kini, Indonesia sudah ada di posisi ke-155 dunia. Pelatih Korea Selatan itu juga mampu mengantarkan Indonesia lolos ke Piala Asia setelah 15 tahun.

Tugas berikutnya sudah menanti Shin Tae-yong. Piala AFF U-19 2022 sudah menanti pada akhir pekan ini. Indonesia akan mengawali perjuangan peraih trofi melawan tim kuat, Vietnam. Pertandingannya akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/7/2022) pukul 20.30 WIB.

Apa lagi yang dibahas Shin Tae-yong? Simak daftarnya di halaman ini, yang akan terus di-update: Wawancara Shin Tae-yong: Dulu Lawan Indonesia, Kini Latih Skuad Garuda.

(cas/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT