ADVERTISEMENT

BJB Soccer Festival 2022 Ramaikan Turnamen Sepakbola Usia Muda

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 05 Jul 2022 02:30 WIB
BJB Soccer Festival
Foto: Dok. BJB Soccer Festival
Jakarta -

Event tahunan BJB soccer festival edisi 2022 sukses digelar. Menggelar pertandingan kategori usia U-9 dan U-11, turnamen ini rampung digelar Minggu (3/7/2022).

Tahun ini BJB Soccer Festival diikuti sebanyak 267 Sekolah Sepakbola (SSB) dan 3390 pemain. Pemain tersebar di kelompok usia 9 dan 11 tahun.

Khusus tahun 2022, BJB Soccer Festival menggunakan format festival nasional. Sistem regional atau sistem seri diberlakukan di 5 wilayah Bank BJB.

Seri 1 sebagai pembuka dilaksanakan di Kota Surabaya pada 14-15 mei 2022. Berlanjut di Kota Cirebon, Cilegon, Bandung, dan Bogor.

Grand Final BJB Soccer Festival kemudian dilaksanakan di kabupaten Bogor, tepatnya di Stadion Pakansari Cibinong, Minggu (3/7/2022). Juara 1 dan 2 dari tiap kota yang menjadi peserta di adu pada grand final ini.

Untuk kategori U-9, tim asal Bandung Seventhree keluar sebagai juara. Mereka menang adu penalti melawan tim Akademi Persib Bogor 6-5

Adapun tim asal Surabaya Harapan Bangsa juga menjadi juara di kategori U-11. Tim Harapan Bangsa bisa mengalahkan Hanggana dengan skor 3-2.

"Kabupaten Bogor ini menjadi tempat kelima berlangsungnya pertandingan sekaligus tempat grand final dan penutupan," kata Direktur Kepatuhan Bank BJB, Cecep Trisna.

"Semoga BJB Soccer Festival ini bisa menjadi wadah kompetisi usia dini yang baik untuk sepak bola Indonesia. Serta bisa menghasilkan bibit-bibit pemain timnas Indonesia di masa datang," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat, Asep Sukmana, senang BJB Soccer Festival 2022 bisa digelar. Turnamen ini dinilai menjadi alternatif anak-anak muda yang serius mengejar impiannya menjadi pesepakbola profesional.

"Kalau kita lihat tadi, ada beberapa pemain yang menonjol Ini sebagai potensi dari BJB Soccer Festival 2022 akan lahir pemain-pemain yang bertaraf nasional mungkin juga internasional," ucap Asep Sukmana.

Ketua Panitia BJB Soccer Festival 2022, Doni Setiabudi, mengatakan event sudah digelar setiap tahunnya, tetapi kali ini pertama kalinya menggunakan konsep nasional. Biasanya, BJB Soccer Festival hanya dibuat di Bandung saja, yang tahun ini bisa merambah ke wilayah lain seperti Surabaya, Cirebon, Cilegon, dan Soreang.

"Tujuan akhir kita bisa memberikan kesempatan anak-anak usia dini untuk mengembangkan potensi dasar. Pada dasarnya kita memang membutuhkan kompetisi usia dini seperti ini," kata Doni, pria yang akrab disapa Jalu tersebut.

(yna/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT