ADVERTISEMENT

Cerita Ayah Korbankan Pekerjaan demi Hokky Caraka Jadi Pesepakbola

M Dandyanto Pratomo - Sepakbola
Rabu, 06 Jul 2022 05:30 WIB
Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Hokky Caraka (kedua kanan) berselebrasi dengan rekannya, Kakang Rudianto (tengah) usai membobol gawang Tim Nasional Brunei Darussalam U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/7/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Hokky mencetak empat gol ke gawang Brunei di Piala AFF U-19 2022. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Jakarta -

Hokky Caraka mencetak empat gol saat Timnas Indonesia menghancurkan Brunei Darussalam 7-0 di penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022. Sang ayah, Ribut Budi Suryono (42) bercerita soal pengorbanan dirinya mendukung karier sepakbola sang anak.

Selama ini, Ribut mengaku keluarga memang mendukung penuh anak keduanya itu dalam meniti karier di dalam olahraga sepak bola. Bahkan Ribut pernah mengorbankan pekerjaan utamanya agar bisa mengantar Hokky berangkat latihan sepakbola dan sekolah.

"Saya sendiri malah tidak menyangka permainan Hokky akan sebaik tadi malam. Tapi saya bersyukur Hokky mampu memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia," kata Ribut saat berbincang dengan detikJateng melalui sambungan telepon, Selasa (5/7/2022).

"Jadi karena kebiasaan dari kecil si anak sudah ke arah sepak bola. Akhirnya 100 persen dari keluarga mendukung 100 persen."

"Saya itu karena mendukung 100 persen cita-cita anak saya di sepak bola sejak tahun 2016-2017 saya mengorbankan pekerjaan saya. Jadi saya tukang ojek intinya, jadi ojek pulang pergi Hokky Caraka sekolah dan mengantar latihan anak," ujarnya.

"Jadi saya korbankan untuk cita-cita anak saya, dan saat ini kerjanya hanya serabutan," lanjut Ribut.

Terkait apakah ada darah atlet yang mengalir darinya, Ribut mengaku tidak ada. Namun, Ribut mengaku almarhum ayahnya adalah pemain sepak bola amatir.

"Kalau saya sendiri tidak bisa apa-apa dalam bidang olahraga. Tapi konon katanya bapak saya almarhum pemain sepak bola tarkam. Mungkin ada darah dari kakeknya. Kalau secara saya sendiri malah tidak tahu bola," imbuhnya.

Sebelumnya, Indonesia U-19 berhasil menang telak 7-0 atas Brunei Darussalam U-19 dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022. 4 gol Garuda Muda dicetak oleh Hokky Caraka (2', 15', 19' dan 45'), sedangkan tiga gol lainnya dicetak oleh Ronaldo Kwateh (12'), Arkhan Fikri (20'), dan ditutup oleh Alfriyanto Nico (61').

Kemenangan di Stadion Patriot Candrabhaga pada Senin (4/7) lalu merupakan tiga poin pertama Garuda Muda di ajang ini usai bermain imbang tanpa gol dengan Vietnam U-19 di laga perdana. Hal positif ini bisa menjadi modal penting untuk menghadapi Thailand U-19 di laga selanjutnya.

Artikel ini pertama kali yang di kanal detikJateng.

(adp/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT