ADVERTISEMENT

Timnas U-19 Tersingkir, Ketum PSSI Peluk Shin Tae-yong

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 11 Jul 2022 03:00 WIB
Shin Tae-yong, Mochamad Iriawan
Shin Tae-yong dan Mochamad Iriawan. Foto: Muhammad Robbani/detikSport
Bekasi -

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan merangkul Shin Tae-yong seusai Timnas Indonesia U-19 tersingkir di Piala AFF U-19 2022. Ia berterima kasih kepada upaya gigih skuad Garuda Nusantara.

Timnas U-19 sebenarnya menang 5-1 atas Myanmar pada matchday terakhir Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022). Namun di Stadion Madya, Jakarta, pertandingan Vietnam Vs Thailand berakhir imbang 1-1.

Dua hasil itu membuat Indonesia, Vietnam, dan Thailand sama-sama mengoleksi 11 poin pada klasemen akhir. Ketiga tim kemudian dibuatkan klasemen mini dengan sama-sama mengoleksi 2 poin hasil dua kali imbang yang diraih ketiga tim saat saling berjumpa.

Regulasi Piala AFF U-19 mengedepankan head to head. Sehingga Vietnam dan Thailand yang sama-sama saling mencetak gol pun akhirnya mengungguli Timnas U-19.

Iriawan alias Iwan Bule pun menyatakan kekecewaannya saat ikut mendampingi Shin Tae-yong memberikan keterangan pers seusai laga. Tapi ia tetap menunjukkan sikap suportif buat pelatih asal Korea Selatan tersebut.

"Terima kasih kepada coach Shin, anak-anak terima kasih juga, dan teman-teman media. Secara pribadi tentu semua kecewa dengan hasil ini, termasuk saya, kita semua minta maaf," kata Iwan Bule.

"Ini hasil terbaik yang didapat anak-anak, tetapi aturannya yang memang bikin kita tidak lolos. Saya tak bisa menilai laga Vietnam dan Thailand, silakan anda nilai, tetapi dari 30 sampai 40 menit pertama kelihatan, termasuk di menit ke-70 bola hanya diputar-putar."

"Saya tak bisa bicara apa-apa, saya kecewa, seharusnya mereka kan fair play, tapi silakan teman-teman menilai hasil ini. Tetap saya bangga pada anak-anak, masih ada waktu untuk anak-anak menatap ajang Piala Dunia U-20 tahun depan. Itu saja dari saya," ucapnya, lalu bangkit dari kursinya dan merangkul Shin Tae-yong.

(adp/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT