PT LIB Sebut Persib Daftarkan Stadion GBLA buat Liga 1 2022

ADVERTISEMENT

PT LIB Sebut Persib Daftarkan Stadion GBLA buat Liga 1 2022

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 14 Jul 2022 17:03 WIB
Suasana Stadion GBLA Bandung.
Persib Bandung mendaftarkan GBLA untuk kandang Liga 12022/2023. (Foto: Bima Bagaskara)
Jakarta -

Persib Bandung mendaftarkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) buat gelaran Liga 1 2022. GBLA menjadi opsi pertama kandang Maung Bandung musim depan.

"Persib Bandung tetap main di GBLA," kata Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno kepada wartawan.

Sebelumnya Persib diyakini akan memilih Stadion Jalak Harupat ketimbang GBLA. Sebab, baru saja terjadi peristiwa memilukan di GBLA, yakni tewasnya dua orang Bobotoh pada ajang Piala Presiden 2022.

Selain itu, Komite Disiplin (Komdis) PSSI juga menghukum Persib larangan bermain di GBLA karena kondisi memprihatinkan stadion berkapasitas sekitar 38 ribu itu. GBLA disebut Komdis PSSI tak layak menggelar laga karena banyaknya keretakan di dinding hingga lantai dan berbagai isu lainnya.

Meski memang hukuman dari Komdis hanya berlaku di Piala Presiden saja. Persib pun akhirnya mendaftarkan GBLA lagi buat gelaran Liga 1 mendatang.

Selain isu kerusakan di GBLA, panitia pelaksana turut menjadi sorotan dalam kematian dua suporter. Untuk itu, PT LIB pun membekali para panpel sebelum gelaran Liga 1 dengan materi standarisasi pelaksanaan pertandingan.

"Peristiwa itu kami jadikan pelajaran, soal bagaimana LOC mengemas-mengelola kejadian-kejadian di lapangan, kami bicara terkait over-capacity, pintu yang tidak dijaga, pengelolaan ticketing," tutur Sudjarno.

"Semua harus disiapkan. Kuncinya koordinasi internal maupun eksternal. Eksternal itu bisa dengan Dishub, kepolisian, dan lain-lain," ucapnya.

Pada pekan pertama Liga 1 nanti, Persib akan memainkan laga tandang lebih dulu. Yakni menyambangi Bhayangkara FC pada, Minggu (24/7). Lalu bermain kandang pada pekan kedua melawan Madura United, Sabtu (30/7).

(cas/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT